Respon AHY Terkait Kasus Lukas Enambe, Sikap Demokrat Tetap Berikan Pembelaan dan Ruang Keadilan

 Respon AHY Terkait Kasus Lukas Enambe, Sikap Demokrat Tetap Berikan Pembelaan dan Ruang Keadilan

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat--disway.id

JAKARTA, RADAR PALEMBANG.COM – Ini respon Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono  (AHY)  tekait penangkapan Lukas Enambe yang juga kader Demokrat oleh Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK)

 

AHY mengaku sangat menyayangkan dan prihatin atas peristwa yang menimpa Mantan Ketua DPD Demokrat Papua itu. Menyikapi itu, Partai Demokrat tetap memberikan ruang pembelaan agar ada keadilan terhadap Lukas Enambe.

Dampak Lukas Enambe yang ditangkap KPK atas dugaan menerima gratifikasi itu terhadap Partai Demokrat adalah, memengaruhi citra partai.

Kendati demikian, sikap Partai Demokrat  akan tetap memberikan pembelaan dan berusaha memberikan ruang keadilan bagi Lukas Enambe. Hal itu sejalan proses penegakkan hukum yang mengedapan praduga tidak bersalah.

BACA JUGA:Sosok Lukas Enembe Gubernur Papua Yang Kini Ditahan KPK, Berawal dari ASN Hingga Pernah Jadi Wakil Bupati

‘’Setiap warga negara berhak mencari keadilan. Kami dari Partai Demokrat juga akan memberikan ruang itu,’’ujar AHY di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis 12 Januari 2023, sebagaimana mengutip dari disway.id.

Pada kesempatan itu, AHY sempat berdoa agar Lukas Enambe tetap sehat sehingga bisa menjalani proses hukum yang sedang dia hadapi. Doa AHY ini terkait,  usai KPK melakukan penangkapan , Lukas Enambe langsung ke rumah sakit karena kondisi kesehatan memburuk.

‘’Semoga Pak Lukas diberikan kesehatan agar bisa menjalani proses hukum sebagaimana asemestinya,’’ujar AHY.

Lukas Enambe akan menjalini proses hukum yang panjang. AHY pun berkali-kali menyebut, agar Pria asal Papu itu, mendapatkan keadilan dan perlakuan yang baik selama proses penegak hukum berlangsung.  ‘’Pak Lukas berhak mendapat perlakuan yang adil oleh penegak hukum,’’tegasnya.

BACA JUGA:Simpatisan Lukas Enembe Lempar Batu, Kapolda Sebut 2 Orang Diamankan

Sebelumnya, partai Demokrat telah mengeluarkan sikap terkait Lukas Enambe yang terjerat kasus Gratifikasi senilai Rp1 miliar dana APBD.  DPP Partai Dmokrat telah mencopot Lukas sebagai ketua DPD Demokrat Papu.

Bersamaan dengan pencopotan itu, Partai Demokrat juga telah menyiapkan bantuan hukum untuk Lukas. ‘’Pemberian bantuan hukum kepada Pak Lukas sesuai dengan ketentuan organisasi,’’ujarnya AHY.

Menurut AHY, sikap partai demokrat  terkait kasus Lukas Enambe itu adalah akan menjunjung tinggi proses hukum yang sedang berjalan. Hukum harus tegas secara adil kepada setiap warga negara. ‘’Jangan ada politisiasi dalam kasus ini,’’tegasnya.

BACA JUGA:Lukas Enembe Ditahan, KPK Siapkan Upaya Paksa Penahanan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lukas Enembe  pada Selasa, 10 Januari 2023 pukul 11.00 WIT. Penangkapn berlangsung di sebuah restoran dio Distrik Abepura, Kota Jaya Pura.

Beberapa saat setelah berlangsungnya penangkapan, sempat terjadi gesekan di sejumlah lokasi. Hal itu menyebabkan terjadinya korban jiwa.

setelah penangkapan Lukas Enembe, terjadi sejumlah gesekan di beberapa titik lokasi hingga menyebabkan jatuhnya satu korban jiwa.

Kendati ada upaya menghalang-halangi penangkapan, KPK dan pihak keamanan berhasil membawa Lukas ke Mako Brimob. (*)

 

 

Sumber: