Tahun Baru, Wong Palembang Buang 900 Ton Sampah

Tahun Baru, Wong Palembang Buang 900 Ton Sampah

Salah satu tumpukan sampah di Kota Palembang.-salamun/radar palembang-

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG – Sebanyak 900 ton sampah dalam sehari dari perayaan tahun baru 2023 di Kota PALEMBANG. sampah terbanyak dari rumah tangga.

Momen pergantian tahun menjadi sesuatu yang spesial bagi masyarakat metropolis. Mereka merayakan dengan menggelar sejumlah acara, seperti makan-makan, bernyanyi, dan menyalakan kembang api.

Hal ini tentu menyisakan pekerjaan rumah bagi petugas kebersihan. Setidaknya ada 900 ton sampah dari perayaan tahun baru 2023.

Angka 900 ton sampah itu adalah jumlah maksimal dari volume yang biasa diangkut petugas kebersihan.

BACA JUGA:Viral, Curhatan Pria Soal Mie Ayam Belatung

Produksi 900 ton sampah dalam sehari, sebenarnya menimbulkan kekhawatiran Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang Mustain.

“Sangat serius dan harus menjadi perhatian bersama. Sebab, armada kami untuk mengangkut sampah masih sangat minim,” jelas Mustain, Senin, 2 Januari 2023.

Pengamatan di lapangan, khususnya di pusat perayaan tahun baru 2023 di Bundaran Air Mancur Palembang, Minggu, 1 Januari 2023, pagi pukul 06.00 WIB, sampah bekas kembang api dan bungkus plastik makanan masih berserakan.

BACA JUGA:Inflasi Sumsel 2022 Sebesar 5,94 Persen, Mamin dan Tembakau Penyumbang Terbesar

Sepertinya, masyarakat tidak membuang sampah pada tempatnya. Sehingga, pemandangan icon Kota Palembang itu, di pagi tahun baru 2023, terlihat sangat kotor.

“Setiap ada kegiatan, biasanya bertambah antara 100 hingga 200 ton lebih. Kami perkirakan tahun baru 2023, ada 900 ton sampah dari masyarakat,” beber Mustain.

Hanya saja, Mustain akui, belum terlalu maksimal dalam melakukan pengangkutan sampah. Sebab, saat ini pihaknya masih kekurangan armada pengangkut sampah.

BACA JUGA:7 Tips Diet Jitu Usai Libur Tahun Baru

“Sebanyak 900 ton sampah diangkut dengan armada yang minim. Kami dibantu dari pihak swasta, sehingga masih bisa tercover,” aku Mustain.

Data dari DLHK Kota Palembang, saat ini jumlah total armada yang mereka miliki adalah 129 unit dump truk. Angka itu jauh dari kata ideal untuk mengangkut 900 ton sampah.

Karena itu, ke depan, Mustain menegaskan, pihaknya akan melakukan penambahan armada pengangkut sampah. Hal ini guna mengurangi timbunan sampah yang ada sejumlah wilayah di Kota Palembang.

BACA JUGA:Tahu Bakso Abimanyu Luncurkan Walik Gejrot Pertama di Palembang

"Nanti ada penambahan sekitar enam armada dump truk baru di tahun 2023 ini," pungkasnya.(*)

Sumber: