Banjir Bandang Gunung Kembang Lahat, Relokasi 30 KK Warga Tempati Rumah Baru

Banjir Bandang Gunung Kembang Lahat,  Relokasi 30 KK Warga Tempati Rumah Baru

RADAR PALEMBANG - Sebanyak 30 unit rumah korban bencana banjir bandang Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat siap dibangun.

Peletakan baru pertama yang menandakan dimulainya pembangunan relokasi rumah korban bencana banjir bandang ini dilakukan langsung Bupati Lahat secara simbolis di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat, Senin (25/07/22).

Kadin Perkim Lahat Limra Naupan,ST, MT dalam laporannya menyampaikan, 30 unit pembangunan rumah yang direlokasi adalah korban bencana banjir banding Gunung Kembang.

BACA JUGA:Pasien Cuci Darah di RSUD Prabumulih Banyak Waiting List

Dalam laporannya dia juga meminta kepada masyarakat agar tidak lagi mendirikan rumah diarea rawan bencana.

"Kita berharap kegiatan ini dapat meringankan beban bagi warga yang terdampak dan harapan kita semua kepada masyarakat untuk tidak mendirikan rumah kembali pada lokasi-lokasi yang rawan bencana," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Lahat,Cik Ujang.SH mengatakan, dengan di bangunnya relokasi korban bencana banjir bandang ini diharapkan aktivitas masyarakat dapat kembali normal dan memulai lembaran baru dengan senantiasa memelihara dan menjaga aset rumah yang akan di tempati.

BACA JUGA:Publik Sorot 12 Nama Calon Komisioner Bawaslu Sumsel, Representasi 3 Parpol dan Ormas Tertentu

Bupati Lahat juga berharap proses pembangunan 30 unit rumah untuk warga Desa Gunung Kembang ini berjalan lancar agar bisa segera ditempati masyarakat korban bencana yang berhak mendapatkannya.

" Kita berharap rumah-rumah ini segera selesai dibangun dan ditempati masyarakat untuk mulai menata kembali berbagai sektor kehidupannya setelah bencana," tutup Bupati Lahat.

Terpisah, Kades Gunung Kembang Parsah menuturkan, korban Banjir Bandang tahun 2020 lalu ada sebanyak 60 unit rumah yang mengalami rusak parah dan hanyut, namun untuk pembangunan tahap pertama dilakukan sebanyak 30 unit rumah.

Untuk pembangunan merupakan murni dari bupati Lahat Cik Ujang,SH sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat.

"Bagi yang belum direlokasi diharap bersabar karena, tahak pertama akan dibangun sebanyak 30 rumah dengan Type 36 dan bagi yang belum diharap untuk bersabar karena kedepan akan diupayakan. Untuk itu atas nama Pemdes Gunung Kembang sangat berterima kasih atas kepedulian dari Pemkab Lahat,"pungkasnya. (man)

 

 

Sumber: