Jokowi-Zelensky Bertemu di Kota Kyiv Ukraina, Saling Unggah Foto di Medos dan Bicara Dampak Perang

Jokowi-Zelensky Bertemu di Kota Kyiv Ukraina, Saling Unggah Foto di Medos dan Bicara Dampak Perang

RADAR PALEMBANG - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy  bertemu Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina membicarakan dampak perang dan kemudian membagikan foto-foto pertemuan di akun instagram masing-masing.

Jokowi mengunggak pertemuannya di akun instagramnya @jokowi,  sementara Zelenskyy mengunggah di Instagram @zelenskiy_official. Dalam unggahan itu,  Zelenskyy  memperlihatkan, dia menyapa Presiden Jokowi setibanya di Istana Maryinsky di Kyiv, Ukraina.

Jokowi dan Volodymyr Zelenskyy  bertemu pada Rabu, 29 Juni 2022. Jokowi menyebut dalam keterangan foto, dia tiba di istana sekitar pukul 15.00 WIB dan disambut Zelenskyy di pintu masuk istana.

BACA JUGA:Aplikasi PeduliLindungi Tidak Sakti, Beli Minyak Goreng Curah Malah Makin Susah

‘’Perjalanan saya ke ibu kota Ukraina dan pertemuan saya dengan Presiden Zelenskyy semata-mata untuk membawa misi perdamaian. Di meja bundar kecil ini, saya dan Presiden Zelenskyy berbincang di Istana Maryinsky, Kyiv,’’demikian keterangan foto yang diunggah Jokowi.

Sementara itu yang tak kalah jadi sorotan adalah hadirnya Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang menyerahkan bantuan obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Praktikum Ukraina Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin di Kyiv, Ukraina.

Dia menyerahkan bantuan tersebut saat mengunjungi rumah sakit bersama Presiden Jokowi setelah mengamati kompleks apartemen yang rusak akibat konflik Rusia-Ukraina di kota Irpin, yang terletak di sebelah barat Kyiv.

”Saya dan Pak Jokowi memberikan bantuan kepada rumah sakit yang terkena dampak perang,” terangnya. 

BACA JUGA:Pemkot Pagaralam Tingkatkan Akses Jalan dan Jembatan Sepanjang 548,25 Km

Dia mengungkapkan harapan bahwa konflik akan segera berakhir, mengatakan dia merasa sedih melihat dampak dari perang. “Dengan mengucap basmalah , saya ikut Pak Presiden di sini,” ujarnya.

Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan tambahan ke Ukraina melalui Palang Merah Ukraina dan menyatakan komitmennya untuk membantu membangun kembali rumah sakit yang rusak akibat perang.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada kesempatan terpisah. Presiden dan Ibu Negara didampingi Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung ke Ukraina.

Usai dari rumah sakit, Presiden Widodo dan rombongan dijadwalkan menuju Istana Maryinsky untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebagai bagian dari upaya mendorong dialog damai antara Ukraina dan Rusia.

Selanjutnya, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Stasiun Pusat Kyiv, Ukraina, untuk berangkat ke Stasiun Przemysl, Polandia, dengan menaiki kereta api luar biasa yang disediakan oleh pemerintah Ukraina.

Sumber: disway.id