Setelah Dengan Ukraina, Jokowi Segera Bertemu Presiden Rusia, Zelenskyy Titip Pesan Untuk Putin

Setelah Dengan Ukraina, Jokowi  Segera Bertemu Presiden Rusia, Zelenskyy Titip Pesan Untuk Putin

RADAR PALEMBANG – Presiden Joko Widodo/ Jokowi segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin setelah sebelumnya bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Jokowi bertemu Presiden Rusia guna membahas perkembangan geopolitik global. Pertemuan akan berlangsung di Kremlin, Rusia. Ada pesan Pesan Zalesnky untuk Putin yang akan disampaikan Presiden Jokowi. 

Sebelumnya bertemu Putin, Jokowi juga sudah berdialog dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/06/2022)

Usai pertemuan,  Jokowo mendapat titip pesan dari Zelenskyy untuk disampaikan kepada Putin. 

BACA JUGA:ETLE Berlaku di Kota Lahat Mulai 1 Juli 2022, Kapolres: Akvitas Pengendaara Terekam 24 Jam

Mengutip dari keterangan pers Biro Humas Sekretarian Kabinet (Seskab) Jokowi dan Zelenskyy membuat pernyataan pers bersama.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy,  bahwa kunjungan ini merupakan bentuk manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur. Dia juga akan menyampai pesan Zelensky untuk Putin pada pertemuan yang digelar di, Kemlin.  

BACA JUGA:Herman Deru Lepas 800 Kontingen Sumsel Bertanding di Fornas VI

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera. Pesan Zalesnkyy untuk Putin ini amat penting,” imbuhnya.

Usai melakukan lawatannya di Ukraina, Rabu (29/06/2022) waktu setempat, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas kembali menuju Polandia.

Presiden Jokowi dan rombongan  berangkat dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat.

Presiden dan rombongan menuju Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba esok harinya.

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Presiden Joki akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia.

BACA JUGA:Wamendagri Dari PDIP Bahasa Anies Baswedan, Penggantian Nama Jalan Bawa Masalah, Respon Pemprov DKI?

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan.

Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv. 

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis (30/06/2022) sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

Dari stasiun, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia dan langsung bertolak menuju ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Siang hari nanti, di hari kelima kunjungan kerjanya ke luar negeri, Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Moskow yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (yui)

 

Sumber: