Kesepakatan Jokowi dengan Zalenskyy, Indonesia dan Ukraina Bebas Visa Kunjungan

Kesepakatan Jokowi dengan Zalenskyy, Indonesia dan Ukraina Bebas Visa Kunjungan

RADAR PALEMBANG – Pertemuan bilateral antara Presiden Ukraina Joko Widodo (Jokowi) Dengan Presiden Ukraina  Volodymyr Zelensky pada Rabu 30 Juni 2022, waktu setempat melahirkan kesepakatan, Indonesia dan Ukraina bebas visa kunjungan.

Kesepakatan Jokowi dengan Zalenskyy, disampaikan saat jumpa pers bersama antara Presiden Indonesia dan Ukraina usai melakukan pembicaraan bilateral yang membahas soal perang dan gangguan pasokan pangan global.

"Saya menginformasikan kepada kalian kesepakatan kami salah satunya, Indonesia dan Ukraina bebas visa kunjungan," kata Zelensky dalam konferensi pers bersama Jokowi setelah pertemuan dilansir Interfax, Zelensky.

BACA JUGA:Penegasan Jokowi Kepada Putin, Indonesia Ingin Perang Berakhir dan Pangan Global Membaik

Zalenskyy berpandangan kesepakatan itu penting dan strategis bagi Ukraina. Semua itu akan menuju pembangunan sosial dan hubungan antar warga.

"Dari segala sudut pandang, ini merupakan kesepakatan yang penting bagi rakyat kami, juga pembangunan sosial, dan hubungan antarwarga," sambungnya.

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Zelensky juga membahas sederet isu lainnya, termasuk bara perang antara Ukraina dan Rusia yang tak kunjung padam sejak Februari lalu.

Jokowi mendorong dialog damai antara Ukraina dan Rusia. Ia menyadari dialog memang sulit tercapai, tapi tetap penting untuk dilakukan.

BACA JUGA:Setelah Dengan Ukraina, Jokowi Segera Bertemu Presiden Rusia, Zelenskyy Titip Pesan Untuk Putin

"Perdamaian ini tak hanya penting bagi Ukraina dan Rusia, tapi juga dunia, karena harga pangan dan energi global melonjak imbas perang ini," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan langsung undangan agar Zelensky dapat hadir ke pertemuan puncak (KTT) G20 di Bali pada November mendatang.

Orang nomor satu di Indonesia itu juga menawarkan diri sebagai pembawa pesan dari Zelensky untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Mengutip dari keterangan pers Biro Humas Sekretarian Kabinet (Seskab) Jokowi dan Zelenskyy membuat pernyataan pers bersama.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy,  bahwa kunjungan ini merupakan bentuk manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur. Dia juga akan menyampai pesan Zelensky untuk Putin pada pertemuan yang digelar di, Kemlin.  (Yui)

 

Sumber: disway.id