Mitos Mobil Matic, Mulai Harga Mahal hingga tak Bertenaga, Mana yang Benar?

Kamis 05-09-2024,09:07 WIB
Reporter : Swandra Yadi
Editor : Swandra Yadi

Jangan Pakai Posisi Parking Saat Memanaskan Mobil

Mitos lainnya adalah Anda tidak boleh menggunakan posisi parking saat memanaskan mobil kesayangan. Pada faktanya, Anda diperbolehkan menggunakan posisi transmisi matic pada kondisi P (Parking) dan N (Netral). 

BACA JUGA:Ada Delapan Kesalahan Cuci Mobil yang Dianggap Sepele, Nomor Satu Bikin Emak-emak Bisa Marah

Kedua posisi ini pada dasarnya tidak ada masalah. Pada posisi tersebut, mesin dan oli mobil dapat berputar dan proses pelumasan tetap berlangsung. 

Di sisi lain, memanaskan mobil dengan posisi P justru lebih disarankan. Posisi ini dinilai lebih aman  sebab jika tuas terjengkal, mobil Anda tidak akan bergerak secara tiba-tiba. 

Namun, jika Anda masih ragu, periksalah buku panduan pemilik kendaraan untuk mengetahui petunjuk spesifik tentang cara memanaskan mobil otomatis. Ada kalanya setiap tipe atau model kendaraan memiliki rekomendasi yang sedikit berbeda. 

Sebagai tips, hindari memanaskan mobil dengan menekan pedal gas secara berlebihan. Karena hal ini pada dasarnya tidak akan mempercepat pemanasan mesin dan bahkan bisa menyebabkan keausan. 

BACA JUGA:Spooring Balancing Makin Modern, Ini Manfaatnya untuk Performa Mobil

Kampas Cepat Aus pada Posisi Saat Terjebak Macet

Mitos mobil matic selanjutnya adalah perkara posisi transmisi saat terjebak macet. Beberapa orang beranggapan bahwa posisi N diperlukan untuk mencegah keausan kampas. 

Namun, sebenarnya, menahan mobil dalam posisi transmisi D saat terjebak macet tidak akan menyebabkan keausan pada kopling. Transmisi otomatis telah dirancang sedemikian rupa untuk menghadapi situasi tersebut. 

Jika Anda mempertahankan posisi D menggunakan rem, gesekan pada transmisi juga tidak akan muncul. Transmisi ini telah didesain secara khusus agar putaran otomatisnya berkurang. 

BACA JUGA:Ayah Bunda Tercinta, Ini Tips Memilih Car Seat untuk si Baby, jadi Teman Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Intinya, penggunaan transmisi otomatis akan sangat bergantung pada kenyamanan Anda sebagai pengendara.

Tarikan Mobil Matic Lambat

Terdapat juga mitos bahwa mobil otomatis memiliki tarikan yang lambat dibandingkan dengan kendaraan manual. 

Kategori :