5 Jenis Pilihan Pijat Penurun Berat Badan, Tertarik Mencobanya?

Rabu 31-01-2024,16:33 WIB
Reporter : Susi Yenuari
Editor : Susi Yenuari

2. Pijat drainase limfatik

Pijat drainase limfatik akan mengeluarkan cairan berlebih dari pinggang, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan kaki.

Metode ini membantu detoksifikasi dan mengurangi bengkak serta kembung.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pijat drainase limfatik atau pijat drainase limfatik manual dapat membantu mengurangi lemak paha dan perut (The Journal of Physiology, 2017).

Agar efektif, kamu juga harus berhenti mengonsumsi makanan yang tidak sehat, melakukan pengaturan kalori, serta menjaga tingkat nutrisi yang lebih baik lewat pola makan seimbang.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Makanan yang Rendah Karbohidrat dan Lemak, Cocok buat Menu Diet Kamu

3. Pijat aromaterapi

Pijat aromaterapi adalah jenis pijat khusus penurunan berat badan yang mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Minyak aromatik yang terbuat dari ekstrak bunga, buah, daun, kulit kayu, dan biji-bijian digunakan untuk memijat area yang bermasalah atau seluruh tubuh.

Pijat aromaterapi selama satu jam dengan minyak grapefruit, minyak cemara, dan minyak lainnya selama enam minggu terbukti membantu mengurangi lemak perut dan lingkar pinggang (Taehan Kanho Hakhoe chi, 2007).

Banyak orang melaporkan tidur mereka lebih nyenyak dan nyeri otot berkurang setelah melakukan pijat aromaterapi.

Pijat aromaterapi juga membantu mengurangi stres dan depresi. Ini pada gilirannya dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan atau tidak makan sama sekali (yang menyebabkan lambatnya metabolisme dan kenaikan berat badan).   

BACA JUGA:Apa Itu Diet Ornish? Berikut Aturan Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

4. Pijat perut

Pijat perut adalah teknik terapi yang melibatkan pemijatan area perut untuk berbagai tujuan seperti relaksasi dan dukungan pencernaan.

Ini harus dilakukan oleh terapis profesional. Sebuah penelitian terhadap tikus obesitas yang mengonsumsi diet tinggi lemak menemukan bahwa pijat perut dapat menurunkan kadar gula darah dan massa lemak, sehingga mengakibatkan penurunan berat badan.

Kategori :