Kenalan Sama Pound Fit Yuk, Olahraga dengan Stik Seperti Bermain Drum, Baik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Minggu 24-09-2023,05:00 WIB
Reporter : Maulana Muhammad
Editor : Maulana Muhammad

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Pound fit merupakan salah satu olahraga menggunakan stik layaknya sedang bermain drum yang punya manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Dengan paduan gerakan yoga dan pilates dan mengkombinasikanya dengan gabungan penggunan stik layaknya sedang bermain drum membuat Pound fit ramai digandrungi saat ini.

Denagn Gerakan yang mudah dan seru membuan olah raga pound fit dapat dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Pertama kali olah raga Pound fit diciptakan oleh seorang pemain drum dan mantan atlet asal Amerika Serikat pada tahun 2011.

BACA JUGA:5 Olahraga yang Cocok Buat Kamu di Akhir Pekan, Simak Artikelnya Dibawah Ini

Penciptanya merasa permainan drum dan gerakan kardio bisa digabungkan menjadi suatu olahraga baru yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

Nah, saat akan melakukan gerakan pound fit, seseorang akan menggunakan ripstix yang dirancang khusus sebagai pengganti stik drum.

Gerakan yang dilakukan dengan menggunakan ripstix biasanya berupa gerakan seperti menabuh drum yang dikombinasikan dengan gerakan pilates dan yoga.

Musik yang mengiringi gerakan pound fit bisa berasal dari berbagai genre, mulai dari pop, k-pop, rock, hingga hiphop. Biasanya dalam satu siklus olahraga pound fit, gerakan-gerakan tersebut akan diulang selama sekitar 45 menit.

BACA JUGA:Waduh, Olahraga Berlebih Ternyata Membahyakan Kesuburan Loh!

Adapun beberapa manfaat olah raga pound fit bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan berat badan

Dalam kelas pound fit yang berdurasi 45 menit, rata-rata pesertanya akan melakukan banyak gerakan berulang. Latihan kardio ini diketahui dapat membakar kalori hingga mencapai 200–300 kalori.

Nah, defisit kalori sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Jadi, pound fit bisa menjadi salah satu pilihan latihan yang patut dicoba untuk menurunkan berat badan atau mengontrol berat badan yang ideal.

Meski begitu, perlu diingat bahwa jumlah kalori yang dibakar bisa berbeda-beda tiap orang karena dipengaruhi oleh faktor usia, intensitas latihan, dan berat badan.

Kategori :