Kapan Harus Mengganti Oli, Pemilik Motor Wajib Tau, Tak Harus Sesuai Kilometer

Kapan Harus Mengganti Oli, Pemilik Motor Wajib Tau, Tak Harus Sesuai Kilometer

Para pemilik sepeda motor wajib tahu kapan harus mengganti oli dan tak perlu selalu harus sesuai kilometer atau jarak tempuhnya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Para pemilik sepeda motor wajib tahu kapan harus mengganti oli dan tak perlu selalu harus sesuai kilometer atau jarak tempuhnya.

Melakukan penggantian oli secara rutin merupakan salah satu aspek penting dalam perawatan sepeda motor. Hal tersebut bertujuan menjada performa mesin kendaraan tetap optimal.

Meski begitu banyak dari pemilik sepeda motor belum mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli. biasanya para pemilik sepeda motor hanya berpedoman pada berapa kilometer jarak yang sudah tempuh.

Biasanya pabrikan motor menyarankan untuk ganti oli setiap 2.000-3.000 km atau 2-3 bulan sekali. Hal tersebut tergantung mana yang lebih dulu dicapai.

BACA JUGA:Simak Yuk! Tips Memilih Mobil Pertama untuk Pasangan Baru, Nomor Lima Jadi Poin Penting

BACA JUGA:Segera Ganti Busi Mobil Kamu Kalau Mengalami 4 Masalah Ini, Nomor 1 Paling Sering Terjadi

Namun ternayata penggantian oli sepeda motor tidak selalu berpedoman pada seberapa jauh kilometer atau jarak yang sudah ditempuh.

Ada juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan dalam hal penggantian oli. Jika motor sering dipakai, maka oli perlu diganti lebih cepat. Hal ini dilakukan agar mesin sehat dan kendaraan tetap awet.

Lain halnya, jika motor dipakai lebih sering, misalnya untuk keperluan ojek online. Oli setidaknya diganti dua atau tiga minggu sekali.

Seperti diketahui satu fungsi penting oli adalah bisa mencegah terjadi korosi pada komponen mesin, karena polusi dan cuaca. Sehingga, penggantian oli perlu diperhatikan pemilik motor.

BACA JUGA:Kamu harus Tau, Sparepart ini Harus Diganti saat Rusak, Tidak Bisa Diakali

BACA JUGA:Mitos atau Fakta? Ganti Ban Motor Utamakan Bagian Belakang Dulu, Cari Tau Yuk!

Mengutip dari laman Planet Ban berikut beberapa tanda kamu segera melakukan penggantian oli sepeda motor 

1. Suhu Mesin Terlalu Tinggi

Sumber: