Nasi Tempong di Ayam Bakar dan Nasi Uduk Siru, Pedasnya Bikin Banjir Keringat

Nasi Tempong di Ayam Bakar dan Nasi Uduk Siru, Pedasnya Bikin Banjir Keringat

Nasi tempong sendiri dilengkapi dengan lauk, aneka lalapan seperti bayam dan labu siam rebus, tahu tempe, ikan asin bulu ayam, dan sambal tempong yang pedas menggelitik.-henny/radarpalembang-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID – Pencinta pedas wajib cobain Nasi Tempong yang menjadi menu terbaru dari Ayam Bakar dan Nasi Uduk Siru yang berlokasi di Jalan Kolonel H Barlian No 770 Palembang.

Sesuai dengan nama Tempong yang artinya tampar, menu tradisional khas Kabupaten Banyuwangi ini memiliki sambal tempong yang benar-benar membakar lidah dan bisa bikin banjir keringat,  namun sambal ini juga mampu membuat penikmat pedas ketagihan.

Reni Novianty Revly, pemilik Ayam Bakar dan Nasi Uduk Siru menyebutkan, nasi tempong belum banyak dijajakan di Kota Palembang, untuk itu, ia tertarik mengangkat menu ini bagi para penggemar menu pedas di Bumi Sriwijaya.

“Nasi tempong ini viral di Bali, kalau daerah asalnya Banyuwangi. Aku mau coba angkat di Palembang, selain masih sedikit yang jual di sini, hampir sebagian besar Wong Palembang suka pedas,” urainya saat dibincangi, Senin 9 September 2024.

BACA JUGA:Si Paling Siru di Palembang, Kepiting Siru - Kedai Siru Bersatu

Nasi tempong sendiri dilengkapi dengan lauk, aneka lalapan seperti bayam dan labu siam rebus, tahu tempe, ikan asin bulu ayam, dan sambal tempong yang pedas menggelitik.

Meski pedas, sambal tempong  terasa segar di mulut berkat perasan jeruk limau yang memberikan sensasi tersendiri.

Nasi Tempong tersedia dalam  beberapa varian, ada Tempong Ayam, Lele, Nila, Ati Ampela, dan Paru. Nasi Tempong dibanderol mulai dari harga Rp22.000.

“Untuk Tempong Ayam, kita pakai ayam ukuran seperempat, jadi lumayan besar. Selain itu nasi putih juga bisa upgrade ke nasi uduk, cukup tambah Rp6.000 saja,” terangnya.

BACA JUGA:Nongkrong di Kedai Siru, Asyik dan Hemat

Lebih lengkap lagi, ke depan,  ia akan menyediakan varian tempong seafood seperti tempong cumi, udang, dan lainnya. “Karena kalau khas Banyuwangi itu emang ada varian seafoodnya,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, khusus untuk lalapan, menurut dia,  akan disajikan lebih lengkap lagi sesuai selera pelanggan. Akan ada timun, terong bulat, selada, dan lainnya.

Pihaknya juga memberikan promo khusus yang berlaku hingga 12 September 2024, di mana setiap pembelian menu Nasi Tempong gratis es teh manis.

“Kita kan baru meluncurkan menu Nasi Tempong hari ini, jadi kita kasih promo gratis es teh manis,” pungkasnya.

Sumber: