Pilgub Sumsel 2024 Bakal Diikuti 2 atau 3 Paslon? Berikut Prediksinya

Pilgub Sumsel 2024 Bakal Diikuti 2 atau 3 Paslon? Berikut Prediksinya

Prediksi pasanan calon (Paslon) yang akan bertarung di Pilgub Sumsel 2024 dari total kursi partai pengusung--antaranews.com

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID - Berikut prediksi pasanan calon (Paslon) yang akan bertarung di Pilgub Sumsel 2024 dari total kursi partai pengusung.

Seperti diketahui untuk dapat maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) 2024 pasangan Bacagub dan Bacawagub harus memenuhi minimal syarat 20 persen atau 15 kursi (dari jumlah 75 kursi) DPRD Sumsel.

Jelang pendaftaran yang akan dilakukan serentak pada 27-29 Agustus 2024 mendatang baru ada 2 paslon yang sudah mengantongi dukungan yang cukup dari partai pengusung.

Adapun kedua pasangan tersebut adalah Herman Deru-Cik Ujang (HDCU) yang didukung olehPartai NasDem, Demokrat, PKS dan Perindo dengan total 26 kursi.

BACA JUGA:Tanda Tangan Prabowo, Gerindra Usung Mawardi Yahya - Anita Noeringhati di Pilgub Sumsel 2024

BACA JUGA:Menyala Abangku, HDCU Targetkan Kemenangan di Atas 60 Persen Pilgub Sumsel

Lalu ada Mawardi Yahya-RA Anita Noeringhati (Matahati) yang didukung oleh partai Gerindra (11 kursi) dan Golkar (12 kursi) dengan total 23 kursi.

Lantas bagaimana dengan Paslon Heri Amalindo-Popo Ali (Hapal) yang hingga saat ini baru mengantogi 14 kursi yang berasal dari tiga partai, yakni PKB 7 kursi, PAN 6 kursi dan Hanura 1 kursi.

Juru Bicara Muda Heri Amalindo, Okta Alfarisi tetap optimis mengingat hanya perlu 1 kursi lagi untuk dapat mencukupi minimal batas dukungan yang ditetapkan. 

"Tinggal 1 kursi lagi, InsyaAllah PKN, PDIP dan PPP menyusul untuk memberi dukungan kepada Hapal," ujar Juru  Okta Alfarisi, 11 Agustus 2024.

BACA JUGA:Buruh di Sumsel Dukung Paslon Matahati di Pilkada Serentak, Bertambah Jadi 121 Relawan Pendukung

BACA JUGA:Home Bubar, Holda Siap Menangkan HDCU

PKN pada Pileg 2024 lalu berhasil meraih 1 kursi di DPRD Sumsel. Sementara PDIP punya 9 kursi dan PPP 2 kursi.

Sehingga total ketiganya memiliki 12 kursi yang belum resmi mendukung. Jika koalisi ini bergabung, maka jumlah kursi Hapal sebanyak 26 kursi.

Sumber: