UBD dan UPSI Gelar Diskusi Trend In Global Research

UBD dan UPSI Gelar Diskusi Trend In Global Research

Universitas Bina Darma (UBD) bersama Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI) gelar diskusi Trend In Global Research.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.ID– Universitas Bina Darma (UBD) bersama Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI)  gelar diskusi Trend In Global Research, 30 Juli 2024.

Diskusi yang bertujuan untuk peningkatan penelitian mahasiswa program studi ilmu komunikasi (S2), Manajemen (S2) dan Pendidikan Jasmani (S2) berlangsung secara hybrid session di ruang Smart Class, Lantai 6 Gedung Boch. Rachman 1. 

Hadir sebagai narasumber, Dr. Mohd Muslim bin MD Zalli perwakilan dari UPSI Malaysia, Prof Edi Surya Negara, M.Kom, Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi & Teknologi Universitas Bina Darma  dan Nuzsep Almigo, PH.D, Dekan Fakultas Sosial Humaniora Universitas Bina Darma.

Diskusi dipandu oleh moderator Dr. Rahma Santhi Zinaida, M.I.Kom, Kaprodi Ilmu Komunikasi (S2).

BACA JUGA:Punya Fasilitas Olahraga Lengkap, Gak Perlu Mikir Dua Kali Kuliah di UBD

Acara dibuka oleh Dr. Sulaiman Helmi, SE, MM,  Kaprodi Manajemen (S2). Dalam sambutannya, ia menyampaikan, trend global riset di era saat ini bukan tidak mengenal manusia, karena sekarang semuanya berbasis teknologi. 

Saat ini, menurut dia, teknologi sudah dikembangkan ke berbagai pengetahuan. Peluang teknologi saat ini dapat melalui media sosial Facebook, Instagram, Youtobe, Tik Tok dll maupun pengggunaan Article Intelegence ( AI ) seperti Chat GPT sebagai peluang ide yang menarik.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi MoU yang dilakukan antara Universitas Bina Darma dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia yang dilaksanakan oleh 3 Prodi di Pascasarjana.

Ketiga prodi tersebut yakni Prodi Imu Komunikasi (S2), Manajemen (S2) dan Pendidikan Jasmani (S2). 

BACA JUGA:UBD Kembali Gelar Webinar Nasional Series #7

Dalam kegiatan ini, pula dihadiri pula para peserta yaitu mahasiswa dari Prodi Manajemen (S1), Manajemen (S2), Akuntansi (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Ilmu Komunikasi (S2), dan Sastra Inggris.

Dilanjutkan, pemaparan materi oleh Nuzsep Almigo, PH.D. Dalam diskusi penjelasannya mengatakan bahwa saat ini para mahasiswa dalam melakukan penelitian untuk skripsi atau tesis tidak dapat melakukan keilmuan yang berdiri sendiri, namun perlu adanya kolaborasi. 

Hal mana disebutkannya, dunia terus berkembang. Inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, pemecahan masalah global, peningkatan kolaborasi internasional dan akses terhadap pandangan sumber daya makin meningkat.

DR Mohd Muslim bin MD Zalli dari UPSI Malaysia memaparkan dan mengungkapkan bahwa trend global research dalam penelitian yang terjadi di seluruh dunia hal yang penting adalah selalu tetap relevan, inovatif, mampu memberikan konstribusi yang signifikan dalam menjawab masalah masalah global, misalnya dalam dunia digital yang dikenal dalam beberapa tahun ini, telah berevolusi menjadi metaverse.

Sumber: