Target Pencak Silat Tercapai, OKU Timur Wakili Sumsel Tingkat Nasional

Target Pencak Silat Tercapai, OKU Timur Wakili Sumsel Tingkat Nasional

Cabor pencak silat OKU Timur berhasil menjadi wakil Sumsel ke tingkat nasional pada O2SN tingkat Nasional tahun 2024 yang rencananya akan dilaksanakan di Provinsi Banten.-edward/radarpalembang.com-

MARTAPURA, RADARPALEMBANG.COM - Target Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur untuk meraih emas dari cabang olahraga pencak silat pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat provinsi Sumsel, sukses tercapai.

Cabor pencak silat OKU Timur berhasil menjadi wakil Sumsel ke tingkat nasional pada O2SN tingkat Nasional tahun 2024 yang rencananya akan dilaksanakan di Provinsi Banten.

Tidak hanya pencak silat, dua cabor lain juga diwakili OKU Timur untuk tingkat nasional yaitu senam dan atletik. Medali emas cabor pencak silat diraih oleh Almira Meyda Safira, siswi SMP Muhamadiyah Rawa Bening, Kecamatan Buay Madang Timur. 

"Atlet kita ini sebelumnya mengikuti seleksi tingkat kabupaten, alhamdulillah lolos. Lalu seleksi tingkat provinsi juga berhasil lolos. Insya Allah, akan mewakili Sumatera Selatan untuk O2SN tingkat nasional,” ujar Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Edi Subandi didampingi pelatih Muhamad Abdul Kosim, Kamis 11 Juli 2024.

BACA JUGA:Persembahan Terakhir AKBP Dwi Agung untuk OKU Timur, Sebagai Penyelenggaraan Pelayanan Terbaik

Menurut Edi Subandi, Almira meraih medali emas di nomor Solo Kreatif Putri Jenjang SMP pada final Rabu 10 Juli 2024.

Almira bersaing dengan atlet Kota Palembang dan Kabupaten OKU. "Keberhasilan yang diraih ini tidak terlepas  dari kerja keras dan latihan yang sungguh-sungguh oleh Almira yang diharapkan mampu mengharumkan nama Kabupaten OKU Timur dan Sumatera Selatan di tingkat nasional nantinya," ungkapnya. 

Selain menyumbang emas dari 3 cabor, 6 pelajar lainya mendapatkan perak antara lain pada cabang olehraga renang sebanyak 2 Perak,  atletik 2 Perak dan 2 lagi dipersembahkan oleh cabang olahraga silat. Sedang 5 perunggu tersebar pada seluruh cabang olahraga renang, silat, atletik, senam, dan yang lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur, Wakimin memberikan apresiasi kepada siswi SMP Muhamadiyah Rawa Bening Tersebut.

BACA JUGA:Selama Tahun 2023, Pertumbuhan Ekonomi OKU Timur Turun 0,39 Persen

"Keberhasilan ini tentunya berkat kerja keras melalui latihan yang sungguh-sungguh. Mudah-mudahan saat O2SN tingkat nasional nanti, Almira mampu mengukir prestasi terbaik untuk dipersembahkan bagi Sumatera Selatan dan Kabupaten OKU Timur khususnya," harap Wakimin.

Terpisah, Muhammad Abdul Kosim, guru pembimbing yang juga pengurus IPSI Kabupaten OKU Timur  ini mengatakan, kedigdayaan atlet-atlet atletik Kabupaten OKU Timur di level Provinsi Sumatera Selatan, memang tidak diragukan lagi, untuk itu dia berharap anak didiknya mampu mengukir prestasi di level yang lebih tinggi.

“Mohon doanya agar Almira mampu mempersembahkan yang terbaik untuk OKU Timur,” pungkasnya.

 

Sumber: