Deretan Prestasi dan Keberhasilan Jajaran Polda Sumsel di Hari Bhayangkara ke-78, Berikut Penjelasan Kapolda

Deretan Prestasi dan Keberhasilan Jajaran Polda Sumsel di Hari Bhayangkara ke-78, Berikut Penjelasan Kapolda

Peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Mapolda Sumsel pada 1 Juli 2024 dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK.--sumek.co

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Sederet prestasi dan keberhasilan dipersembahkan jajaran Polda Sumsel di hari bhayangkara ke-78 yang diselenggarakan pada hari ini, Senin 1 Juli 2024 di Mapolda Sumsel.

Keberhasilan menjaga situasi Kamtibmas dan Ipoleksosbudhankam di wilayah Sumsel ini di bawah pimpinan Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK dan Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain dalam waktu setahun terakhir.

Penanganan terhadap Illegal Drilling dan Illegal Refinery menjadi atensi sedari awal ketika bertugas di Bumi Sriwijaya oleh Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang sebelumnya menjabat Kapolda Jambi.

Ini dibuktikan dengan terus dilakukannya penertiban dan pembongkaran terhadap gudang tempat penampungan minyak illegal di sejumlah daerah serta pembongkaran puluhan tempat memasak minyak illegal (illegal refinery) yang ada di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). 

BACA JUGA:Mutasi Besar-besaran Polri, 6 Kapolres dan PJU Polda Sumsel Diganti, Ada Apa?

“Selagi belum ada ketetapan terhadap legalisasi sumur-sumur minyak ilegal, Polda Sumsel beserta jajaran akan tetap melaksanakan upaya penegakan hukum terhadap praktik minyak ilegal.

Serta akan terus menangkap dan menindak terhadap gudang dan refinery ilegal, kita juga akan menindak yang di hulunya,” tegas Irjen Rachmad usai rapat koordinasi terkait penanganan illegal drilling dan illegal refinery belum lama ini.

Tindakan penegakan hukum yang dilakukan secara persuasif ini dilaksanakan oleh timsus Illegal Drilling dan Illegal Refinery Ditreskrimsus Polda Sumsel.

Yang dipimpin oleh Dirreskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol Bagus Suro Pratomo,SIK dan Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Bagus Suryo Wibowo.

BACA JUGA:Polda Sumsel Raih Peringkat 8 Nasional, Citra Polri Berangsur Membaik, dari 34 Polda se-Indonesia

Upaya mengatasi permasalahan sosial seperti tindak tawuran remaja dan aksi balap liar yang marak terjadi juga tak luput dari perhatian Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Selain menginstruksikan jajarannya untuk menindak tegas para pelaku tawuran, jenderal dua ini ternyata memiliki empati kepada pelaku tawuran yang rata-rata di dominasi oleh anak muda dan anak usia sekolah.

Ini dibuktikan dengan berkunjung langsung ke Panti Rehabilitasi Anak Bermasalah dengan Hukum (ABH) yang ada di Indralaya, OI, orang nomor satu di lingkungan Polda Sumsel ini mencoba melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan para penghuni panti.

“Adik-adik sekalian jangan lagi melakukan tindakan melawan hukum, ya” begitu pesan yang menyentuh Kapolda kepada para ABH kala itu.  

Sumber: