Klaim MPV Hybrid Paling Irit, Honda Freed Terbaru Bakal Masuk ke Indonesai?

Klaim MPV Hybrid Paling Irit, Honda Freed Terbaru Bakal Masuk ke Indonesai?

Honda Freed generasi ketiga diklaim sebagai mobil MPV hybrid namun apakah bakal segera masuk ke pasar Indonesia--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMHonda Freed generasi ketiga diklaim sebagai mobil MPV hybrid namun apakah bakal segera masuk ke pasar Indonesia.

Diketahui Honda Freed generasi ketiga saat ini sudah mengadopsi sistem hybrid yang lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan, hal itu menjadikanya mobil MPV hybrid paling irit.

PT Honda Prospect Motor menambahkan sistem elektrifikasi pada Honda Freed e:HEV sama seperti yang dilakukan pada CR-V e:HEV dan Accord e:HEV.

Sistem inilah yang di klaim membuat konsumsi BBM dari mobil hybrid menjadi irit. Pada Honda Freed e:HEV menggunakan tiga mode, yaitu EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode.

BACA JUGA:Wow! Honda Freed Hadir Kembali, Meluncur Dengan Tampilan Terbaru, Harga Mulai Rp 250 Jutaan

Mode ini bakal berganti secara otomatis sesuai dengan kondisi jalan, beban perjalanan dan cara pengemudi.

Honda Freed ditawarkan dengan dua opsi mesin. Pertama adalah mesin bensin biasa dengan kode L15D 1.5 liter naturally-aspirated inline-four yang menghasilkan tenaga 118 PS (117 hp atau 87 kW) pada 6.600 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin DOHC i-VTEC ini dipasangkan dengan CVT yang menggerakkan roda depan (Front Engine-Front Wheel Drive) dan pilihan penggerak semua roda.

Pada mesin bensin biasa alias non hybrid tersedia beberapa varian, yakni Air EX, Crosstar dan Air. Beda paling signifikan hanya dikonfigurasi tempat duduk dan roda penggerak (FF) dan 4WD.

BACA JUGA:Bedel Fitur Canggih MG VS HEV, Mobil Hybrid Pertama MG yang Dibandrol hanya Rp300 Jutaan, Ngaspal di Palembang

Konsumsi BBM untuk varian non-hybrid tembus 16,5 km/liter untuk varian penggerak roda depan (FF). Sedangkan Honda Freed All Wheel Drive (AWD) bisa menapai 14,5 km/liter.

Sementara itu, opsi lain hadir dengan sistem dual-motor e:HEV yang dikawinkan mesin bensin LEB 1.5 liter NA inline-four. Mesin ini bisa menghasilkan 106 PS (105 hp atau 78 kW) dari 6.000 hingga 6.400 rpm dan 127 Nm dari 4.500 hingga 5.000 rpm.

Mesin internal combustion engine (ICE) ini bisa berguna sebagai generator untuk baterai lithium-ion 48-Ah, yang kemudian menggerakkan motor listrik yang dipasang di depan dengan daya 123 PS (121 hp atau 90 kW) dan 253 Nm.

Konsumsi BBM-nya untuk varian hybrid ini bisa mencapai 25,5 km/liter pada varian FF. Sedangkan All Wheel Drive bisa tembus 21,3 km/liter.

Sumber: