Efek Listrik Padam, Warga Palembang Kehabisan Air Bersih, Ini Kata PDAM

Efek Listrik Padam, Warga Palembang Kehabisan Air Bersih, Ini Kata PDAM

Efek dari padamnya aliran listrik hampir diseluruh wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) kini membuat warga Palembang mengalami kesulitan air bersih--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Efek dari padamnya aliran listrik hampir diseluruh wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) kini membuat warga Palembang mengalami kesulitan air bersih.

Terhentinya distribusi air bersin dari PDAM Tirta Musi Palembang terjadi akibat padamnya aliran listrik yang terjadi hampir diseluruh provinsi Sumsel pada Selasa, 4 Juni 2024 kemarin.

Bahkan warga pun rela membeli air galon isi ulang untuk mandi seperti yang dikeluakan oleh salah satu warga yang beralamat di Jalan Letnan Jaimas Cinde Palembang.

"Kami terpaksa beli air galon pagi tadi untuk anak saya yang mau ujian di sekolah, kalau tidak mandi mau ujian sekolah tidak enak jadi terpaksa beli 2 air galon untuk anak saya mandi," katanya Rabu, 5 Juni 2024.

BACA JUGA:Sumsel Blackout 9 Jam Karena PLN, Jaringan Telkomsel Sempat Terganggu, Kini Sudah Kembali Pulih dan Lancar

Sementara itu Direktur Utama Layanan Perumda Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengumumkan jika saluran air bersih se-Kota Palembang disetop sementara akibat gangguan listrik.

"Seluruh instalasi kami tidak berproduksi, sejak pukul 11.00 WIB pagi tadi Selasa (4/6) akibat gangguan listrik yang padam kami tidak bisa menyalurkan air bersih jika tidak ada listrik," kata Andi Wijaya, Selasa 4 Juni 2024.

Andi pun menjelaskan pompa air yang digunakan PDAM untuk penyaluran air ini memiliki kapasitas daya listrik yang besar sehingga tidak bisa dioperasikan dengan genset sebagai pengganti jika listrik padam.

"Kita tidak bisa gunakan genset untuk penyaluran banyu karena daya listrik penyaluran air bersih berdaya besar.

BACA JUGA:Listrik 2,5 Juta Pelanggan Sudah Berhasil Menyala, PLN Terus Melakukan Upaya Penormalan Sistem

Bayangkan saja sebulan saja kami bayar listrik 6 milyar rupiah, kebayang betapa besar daya listrik yang kami butuhkan," ungkapnya.

Andi menyebut jika listrik sudah kembali normal maka penyaluran air bersih langsung disalurkan.

"Kita hanya menunggu listrik nyala ya, jika nyala langsung kita salurkan air bersih terhadap masyarakat Palembang," ujarnya.

 

Sumber: