OJK Gelar Harvesting Gernas BBI dan BBWI di Sumsel

OJK Gelar Harvesting Gernas BBI dan BBWI di Sumsel

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar hadir dalam Kegiatan Puncak Semarak Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia.-henny/radarpalembang.com-

BACA JUGA:Gandeng TPAKD se-Sumsel, OJK Gelar Kick Off Gernas BBI/PDN dan BBWI 2024

Di sisi lain, dari sisi supply, OJK melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) memberikan dukungan penuh agar lembaga keuangan baik perbankan dan non-perbankan bersinergi dengan pemangku kepentingan di daerah dalam memberikan akses keuangan yang mudah, terjangkau, dan sesuai dengan kebutuhan.

OJK terus memberikan dukungan berkelanjutan kepada UMKM dan sektor pariwisata di Indonesia melalui berbagai inisiatif, termasuk: 

Fasilitasi Akses ke Pembiayaan

OJK memfasilitasi akses ke pembiayaan bagi UMKM melalui berbagai program, termasuk kredit/pembiayaan, business matching, dan pelatihan literasi keuangan.

BACA JUGA:Tingkatkan Literasi Keuangan, BNI dan OJK Ajak Pelajar Edukasi dan Kenalkan Program SiMuda

Digitalisasi UMKM

OJK mendorong UMKM untuk mengadopsi teknologi digital untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan operasi bisnis mereka.

Keuangan Berkelanjutan

OJK mendorong praktik keuangan menuju arah yang lebih berkelanjutan dan inklusif melalui penerbitan Taksonomi Untuk Keuangan Berkelanjutan Indonesia (TKBI) untuk mendukung bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.

BACA JUGA:OJK Beri Akulaku Waktu Tambahan Perbaiki Bisnis PayLater Hingga Juni 2024

Gernas BBI/BBWI 2024 di Sumatera Selatan merupakan bukti nyata dari upaya kolektif pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Keberhasilan acara ini menyoroti potensi besar UMKM dan pariwisata dalam berkontribusi pada ekonomi nasional Indonesia.

Semarak kegiatan Harvesting Gernas BBI/BBWI di Kota Palembang ini turut dimeriahkan melalui antusiasme lebih dari 140 booth pameran.

Terdiri dari 63 pelaku UMKM, 38 UMKM binaan pihak terkait   yang memamerkan produk khas Provinsi Sumatera Selatan dengan kategori kriya, fashion, kuliner, dan kesehatan, serta sejumlah 25 UMKM kuliner umum

Lalu ada 33 Dinas Koperasi dan UMKM, Pemerintah Daerah terkait, Dekranasda, dan mitra lainnya yang memamerkan produk khas dan unggulan masing-masing daerah.

Sumber: