Tingkatkan Literasi Keuangan, BNI dan OJK Ajak Pelajar Edukasi dan Kenalkan Program SiMuda

Tingkatkan Literasi Keuangan, BNI dan OJK Ajak Pelajar Edukasi dan Kenalkan Program SiMuda

Pemimpin BNI Wilayah 03, Wirawan Ari Rachmana saat edukasi keuangan bagi pelajar SMA/sederajat bersama OJK dalam rangka meningkatkan literasi keuangan serta Pelindungan Konsumen dan masyarakat.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menggelar kegiatan edukasi keuangan bagi pelajar SMA/sederajat.

Edukasi keuangan bagi pelajar SMA/sederajat oleh BNI dan OJK dalam rangka meningkatkan literasi keuangan serta Pelindungan Konsumen dan masyarakat.

Acara ini ditargetkan diikuti oleh sedikitnya 500 peserta offline dan 1.000 peserta online.

Adapun Edukasi keuangan bagi pelajar SMA/sederajat oleh BNI dan OJK dengan tema Pengenalan Produk Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda).

BACA JUGA:Awal Tahun Baru 2024, Cek Harga Kurs Dolar AS di Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA Hari Ini

“Produk dan layanan jasa keuangan menjadi hal yang wajib diketahui oleh anak muda sedini mungkin,”kata Pemimpin BNI Wilayah 03, Wirawan Ari Rachmana, Senin 29 Januari 2024.

Kurangnya pemahaman pelajar terkait berbagai produk dan layanan jasa keuangan membuat mereka rentan menjadi korban kejahatan keuangan.

“Para pelajar juga perlu mengetahui mengenai produk-produk keuangan yang legal dan terdaftar di OJK dengan mengakses layanan konsumen OJK,”kata dia.

Terlebih, semakin banyak anak muda yang mencoba-coba menggunakan berbagai produk keuangan online yang akhirnya berujung pada gagal bayar.

BACA JUGA:BNI Wilayah 03 Turut Meriahkan Perayaan Natal 2023, Dengan Program BNI Berbagi

Bahkan, tak sedikit pula yang terjebak pada produk investasi bodong. 

“Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kerugian investasi dan pinjaman online (pinjol) ilegal yang kini marak di masyarakat,”kata dia.

Melalui program edukasi keuangan ini, BNI bersama OJK dalam rangka menjalankan pelindungan konsumen dan masyarakat mengenalkan kepada para pelajar mengenai produk dan layanan jasa keuangan terpercaya.

“generasi ini termasuk golongan yang rentan percaya pada iming-iming kemudahan pencairan kredit online dan investasi imbal hasil yang tinggi,”ungkap dia.

BACA JUGA:Herman Deru Resmikan Naming BNI Jakabaring Sport City di Tugu Parameswara

Selain itu, edukasi keuangan ini, BNI bersama OJK juga menyosialisasikan cara memilih produk keuangan yang baik dan benar.

“Apapun produknya harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati. Harus mau menggali informasi lebih dalam dan berani menolak produk-produk keuangan yang tidak jelas asal-usulnya,” imbuhnya.

“Anak muda harus terampil merencanakan dan mengelola keuangan serta memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang ada agar mereka bisa merencanakan masa depan yang baik,” ujarnya.

Wawank juga menyebutkan, perseroan turut aktif dalam program SiMuda yang digagas OJK.

BACA JUGA:Meriahkan Hari Pelanggan Nasional, BNI Gencarkan Layanan Digital

Edukasi keuangan bagi pelajar SMA/sederajat dengan tujuan memastikan adanya nilai tambah yang dapat diterima oleh pelajar.

“Memberikan kemudahan untuk menabung yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas perbankan serta kenyamanan dalam bertransaksi,”kata dia.

BNI sendiri memiliki BNI Taplus Muda yang merupakan produk tabungan yang diperuntukkan bagi anak muda Indonesia untuk mulai dapat menggunakan produk keuangan dengan berbagai kemudahan channel digital banking BNI.

“Kenali investasi sejak dini. Langkah awal mulailah dengan menabung, kemudian naik ke level investasi, ini akan berguna untuk bekal kalian semua menyongsong masa tua yang bahagia,” ujar dia.

 BACA JUGA:BNI 03 Palembang Dukung KEJAR OJK, Literasi Keuangan Ajak Pelajar Buka Rekening dengan Selfie

Sumber: