Kebutuhan Hewan Kurban di Palembang Capai 12.000 Ekor, Segini Kisaran Harganya Saat Ini

Kebutuhan Hewan Kurban di Palembang Capai 12.000 Ekor, Segini Kisaran Harganya Saat Ini

Kebutuhan akan hewan kurban di kota Palembang cukup tinggi mencapai 1200 ekor dan berikut kisaran harganya saat ini--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kebutuhan akan hewan kurban di kota Palembang cukup tinggi mencapai 1200 ekor dan berikut kisaran harganya saat ini.

Untuk itu selain memenuhi jumlah kebutuhan tersebut, pemerintah juga terus berkomitmen dalam menjaga kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha.

Menurut Kepala Dinas dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palembang, Albert Medianto pada Idul Adha tahun 2024 ini diperkirakan kebutuhan hewan kurban akan lebih dari 12.000 ekor.

Pemerintah kota Palembang pun kini terus memastikan ketersediaan dan distribusi hewan kurban baik dari Pulau Sumatera maupun pulau lainnya.

BACA JUGA:63 Ribu Jemaah Haji Telah Tiba di Madinah, Berikut 12 Embarkasi yang Bakal Terbang Sore ini

"Secara keseluruhan, kami mencatat kebutuhan hewan kurban jenis sapi di Palembang ada 5.000 ekor lebih, sementara kambing 7.000 ekor lebih," kata Albert, Selasa, 21 Mei 2024.

Hewan kurban yang masuk ke Palembang ini berasal dari Lampung, dan juga ada dari Nusa Tenggara Barat. Meski begitu, pihaknya terus memastikan kondisi kesehatan hewan kurban tersebut.

Selain itu juga harus memenuhi syarat syariat hewan kurban sesuai aturan pemerintah.

"Hewan kurban yang masuk ke Palembang dominan berasal dari Lampung dan juga yang dikirim dari NTB. Sudah ada tim pengawas yang dibentuk untuk memastikan bahwa hewan kurban sudah memenuhi syarat," ungkapnya.

BACA JUGA:Kloter 8 Tiba di Asrama Haji Embarkasi Palembang Hari Ini, Cek Suhu Tubuh Sebelum Memasuki Aula

Sementara itu, Ketua PDHI Sumsel sekaligus Medik Veteriner Ahli Madya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumsel, drh Jafrizal mengatakan penyelenggaraan kegiatan hewan kurban harus memenuhi 4 syarat penting yang harus dipatuhi.

"Syarat itu, mulai dari persyaratan hewan kurban, tempat penjualan/kandang, alat angkut dan tempat penyembelihan. Semua penjual hewan kurban harus memahami ini," pungkasnya.

Harga Hewan Kurban di Palembang 

Jelang Idul Adha para pedagang hewan kurban sudah mulai kebanjiran pesanan. Bukan hanya dari Palembang saja, pembeli atau pemesan hewan kurban ini juga berasal dari luar kota.

Sumber: