KPU Sumsel Resmi Gelar Peluncuran Pilgub Sumsel Periode 2024-2029, Pilkada Serentak Digelar 27 November 2024

KPU Sumsel Resmi Gelar Peluncuran Pilgub Sumsel Periode 2024-2029, Pilkada Serentak Digelar 27 November 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari berbincang dengan KPU Sumsel Andika Pranata Jaya, di sela-sela acara konferensi pers "peluncuran pemilihan gubernur dan wakil gubernur sumsel periode 2024-2029, tadi malam. --dokumen/radarpalembang.com

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) resmi melauncing Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur (Wagub) periode 2024-2029, Minggu 5 Mei 2024, di halaman kantor KPU Sumsel, Jakabaring Palembang.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari dalam sambutannya saat peluncuran tersebut, mengatakan lembaga penyelenggara pemilu mulai melaksanakan tahapan penyelenggaraan pilkada serentak 2024 yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

"Pilkada akan digelar serentak pada 27 November 2024, kecuali provinsi DIY yang tidak,"ujarnya didampingi Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya (kiri) saat konferensi pers tadi malam di ruang media center KPU Sumsel.

Sementara yang menjadi maskot pada pilkada tahun ini adalah Cek Waro dan Cek Ito. Untuk penyelenggaraan pilkada berasal dari dana APBD masing-masing daerah. 

BACA JUGA:Kembali Maju di Pilkada Ogan Ilir, Panca-Ardani Borong Formulir Pendaftaran 7 Parpol Sekaligus

PJ Gubernur Sumatera Selatan A Fatoni yang juga hadir dalam peluncuran tersebut yang ditandai dengan pelemparan panah oleh Ketua KPU RI, KPU Prov Sumsel didampingi sejumlah OPD.

Hadir diantaranya terlihat Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati, Kapolda Sumsel Irjen A Rachmat Wibowo, Pangdam II Sriwijaya Mayjen Moh Naudi Nurdika dan para undangan lainnya.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, mengatakan, peluncuran ini merupakan tanda dimulainya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Sumsel.

Ini juga pertanda komitmen bersama semua pihak dalam rangka menyukseskan agenda demokrasi serentak 2024.

 BACA JUGA:Nandriani Oktarina Nyalon Wawako Palembang, Ambil Formulir di 4 Partai Sekaligus

“Saya berharap masyarakat Sumsel dapat menggunakan hak pilihnya dan mudah-mudahan partisipasi masyarakat melebihi pilpres dan pileg,” ujar dia.

Fatoni juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Sumsel dapat menjaga iklim di Sumsel agar pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada 27 November 2024 nanti berjalan kondusif dan toleran.

"Ini berkat kebersamaan, kekompakan dan komitmen menjalankan pesta demokrasi dengan baik.

Mudah-mudahan sukses pemilu kemarin akan terulang pada pilkada nanti. Kita pertahankan Sumsel zero conflict,” katanya.

Sumber: