Kinerja XL Axiata Kuartal 1 2024, Laba Bersih Naik 168 Persen dan Pendapatan Naik 12 Persen, Ini Indikatornya

Kinerja XL Axiata Kuartal 1 2024, Laba Bersih Naik 168 Persen dan Pendapatan Naik 12 Persen, Ini Indikatornya

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menjelaskan kuartal pertama (Q1) 2024 perseroan berhasil meraih total pendapatan sebesar Rp 8,44 triliun.--

BACA JUGA:5 Kota Ini Diprediksi XL Axiata Bakal Naik Trafik Komunikasi Selama Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2024

Dian menambahkan, pencapaian kinerja Q1 2024 juga tidak terlepas dari keberhasilan perseroan dalam mengoptimalkan penggunaan biaya operasional (OPEX) termasuk menekan beban biaya-biaya operasional menjadi lebih rendah. 

Total biaya operasional berkurang hingga 8 persen dibandingkan Q4 2023. 

Penurunan biaya operasional yang signifikan ada pada beban penjualan dan pemasaran (sales and marketing) dan biaya infrastruktur.

Penurunan beban penjualan dan pemasaran juga didorong oleh peningkatan penggunaan sarana digital aplikasi MyXL dan AXISnet. 

BACA JUGA:XL Axiata Salurkan Donasi Bantuan Peduli Korban Banjir dan Erupsi Gunung Marapi di 3 Provinsi Pulau Sumatera

Meningkatnya penggunaan MyXL dan AXISnet menunjukkan kedua aplikasi tersebut mampu meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Peningkatan kinerja XL Axiata di sepanjang tiga bulan pertama 2024 juga tidak terlepas dari semakin meningkatnya kinerja layanan konvergensi. 

Pada layanan konvergensi, selama periode Q1 2024, jaringan konvergensi sudah menjangkau 102 kota/kabupaten.

Selain itu, layanan konvergensi myXL dan AXISnet meningkat penetrasi konvergensi mencapai 79 persen dan total jumlah pelanggan mencapai 252 ribu, yang berarti menunjukkan permintaan yang terus meningkat terhadap produk FMC XL Satu. 

BACA JUGA:Saat Pemilu 2024 Terutama 14 Februari Nanti, XL Axiata Prediksi Terjadi Lonjakan Trafik Layanan 10 Persen

Terkait layanan konvergensi, perseroan juga masih menjalankan proses Transformasi Struktural, termasuk rencana pengalihan sekitar 750 ribu pelanggan Link Net ke XL Axiata sebagai ServeCo. 

Salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata adalah personalisasi penawaran dan layanan. 

Hasilnya, data net promoter score (NPS) semakin meningkat secara signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan. 

Strategi tersebut masih akan diterapkan di sepanjang tahun 2024 ini.

Sumber: