Kata Pengamat Politik, Pj Gubernur Sumsel Layak Nyalon Gubernur di Pilgub Nanti

Kata Pengamat Politik, Pj Gubernur Sumsel Layak Nyalon Gubernur di Pilgub Nanti

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati dalam kegiatan di DPRD Sumsel beberapa waktu lalu.-humas pemprov sumsel-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Para kandidat calon kepala daerah mulai tebar pesona, baik itu kepala daerah baik di tingkat kabupaten kota hingga provinsi, mulai melakukan sosialisasi guna meningkatkan popularitas maupun elektablitasnya melalui beragam media serta aktivitas. 

Pengamat politik Sumsel Bagindo Togar mengatakan, agar bisa dilirik oleh parpol, juga didukung secara massif oleh warga bila ingin maju jalur perseorangan.

Tak Terkecuali para pejabat (Pj) kepala daerah yang akhirnya berhasrat kuat untuk menjadi kepala daerah depinitif, tentu proses pilkada adalah satu-satunya jalur yang sah dan wajib untuk dilalui. 

"Hampir seluruh Pj kabupaten dan kota di provinsi Sumsel ini berambisi untuk lolos jadi calon bupati maupun walikota. Contoh Pj Bupati OKU, Pj Bupati Muara Enim, Pj Bupati Banyuasin, Pj Bupati Muba, Pj Walikota Palembang, Pj Walikota Lubuklinggau, dan lainnya," kata Bagindo, Jumat 26 April 2024.

BACA JUGA:Jadi Perhatian Publik, Eddy Santana Putra Bertemu Herman Deru, Terkait Pilkada Sumsel?

Para Pj Tersebut, ungkap Bagindo, minimal 5 bulan wajib mundur dari jabatannya bila ingin maju sebagai calon kepala Daerah.

"Bagaimana dengan Pj Gubernur Sumsel kita sekarang, Bapak Agus Fathoni, bila ingin juga maju sebagai calon kepala daerah tingkat provinsi atau gubernur.  Sepertinya juga bisa dimaklumi," sebutnya. 

Menurut Bagindo,sejak menjabat tanggal 2 Oktober tahun lalu, kiprah dan kinerjanya begitu terasa berbeda. Walau belum begitu lama menjabat, prestasi maupun akselerasi birokrasi pemerintahan dan pembangunan di Sumsel lebih terarah juga terukur progresivitasnya.

"Wajar dan pantas Beliau bila akan dilirik oleh para parpol untuk didukung ataupun diusung dalam pilkada nanti. Apalagi Beliau telah sangat aktif melakukan silahturahmi, aktivitas juga komunikasi dengan beragam kelompok plus tokoh masyarakat di daerah ini," kata Bagindo.

BACA JUGA:Pilkada Sumsel 2024, PAN Siapkan Joncik Muhammad Masuk Bursa Calon Gubernur

Bahkan, tambah Bagindo, Pj Gubernur berikut jajaran pemerintahan provinsi juga telah memasang beragam alat peraga publikasi yang menyebar di tempat tempat strategis di daerah ini.

"Ia juga telah berupaya menata jabatan para ASN di wilayah pemerintahan provinsi agar terkoneksi dan terkontrol dengan baik, dengan peningkatan karier politik yang sedang diperjuangkannya," tukasnya. 

Dan semua adalah hal yang lumrah serta menjadi hak politik setiap warga negara. "Selanjutnya kita cermati langkah dan ikhtiar politik Beliau berikutnya,  Agus Fathoni, Pj Gubernur Sumsel ini, bila perlu kita appresiasi  sejak saat ini. Siapa tau juga Beliau akan bernyali dan turut serta, juga mengundurkan diri dari jabatan Pj dan bergabung bersama para Pj bupati dan walikota lainnya untuk berkemas diri maju dalam pilkada nanti,"p ungkasnya.

 

Sumber: