5 Kegiatan Bandara Internasional Tak Lagi di Palembang Usai SMB II Turun Status Jadi Domestik, No 3 Bikin Rugi

5 Kegiatan Bandara Internasional Tak Lagi di Palembang Usai SMB II Turun Status Jadi Domestik, No 3 Bikin Rugi

Kementerian Perhubungan data per 2 April 2024, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II tak lagi masuk daftar internasional.--

BACA JUGA:Pelaku Pariwisata Katakan Pulau Kemaro Ampuh Jaring Wisatawan, Asal Tetap Lakukan Ini

Keputusan degradasinya status bandara SMB II berdasarkan Kementerian Perhubungan menerbitkan Keputusan Menteri Nomor 31/2024 (KM 31/2004) tentang Penetapan Bandar Udara Internasional pada tanggal 2 April 2024 lalu.

KM ini menetapkan 17 bandar udara di Indonesia yang berstatus sebagai bandara internasional, dari semula 34 bandara internasional.

Dalam 17 bandar udara yang dirilis berstatus bandara internasional, tak ada nama Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II.

Pemerintah melalui penetapan 17 bandara internasional terbaru 2 April 2024 lalu dengan tujuan mendorong sektor penerbangan nasional yang sempat terpuruk saat pandemi COVID-19. 

BACA JUGA:Masata Yakin Palembang Bisa Geser Posisi Medan sebagai Hub Pariwisata Sumatera, Jika Ini Dilakukan

"KM 31/2004 ini dikeluarkan dengan tujuan untuk melindungi penerbangan internasional pasca pandemi dengan menjadikan bandara sebagai hub (pengumpan) internasional di negara sendiri," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Jumat 26 April 2024.

"Selama ini sebagian besar bandara internasional hanya melayani penerbangan internasional ke beberapa negara tertentu saja dan bukan merupakan penerbangan jarak jauh, sehingga hub internasional justru dinikmati oleh negara lain," jelas Adita.

Adapun 17 Bandara Internasional terbaru di Indonesia per 2 April 2024, versi Kementerian Perhubungan RI, sebagai berikut:

1. Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh

BACA JUGA:Sandiaga Uno Aktifkan Kembali Pariwisata dan Ekonomi di Tapal Batas

2. Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara

3. Bandara Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat

4. Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau

5. Bandara Hang Nadim, Banten, Kepulauan Riau

Sumber: