Peternak Ogan Ilir Resah, Wabah Virus SE Sudah Menyebar, Sudah Ada 14 Kasus

Peternak Ogan Ilir Resah, Wabah Virus SE Sudah Menyebar, Sudah Ada 14 Kasus

Para peternak kerbau di Kabupaten Ogan Ilir mulai resah dengan mewabahnya Virus Septicaemia Epizootice (SE) atau ngorok yang mulai menyebar--

OGAN ILIR, RADARPALEMBANG.COM - Para peternak kerbau di Kabupaten OGAN ILIR mulai resah dengan mewabahnya Virus Septicaemia Epizootice (SE) atau ngorok yang mulai menyebar bahkan sudah ada 14 kasus terjadi.

Para peternak pun kini mulai berebut meminta vaksinasi terhadap hewan ternak mereka di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Salah seorang peternak kerbau di Desa Tanjung Sejaro, Ogan Ilir, Wahyu mengaku mulai takut kerbau di kandangnya terkena virus ngorok. 

"Atas hal itu, saya sebagai peternak kerbau di Ogan Ilir sangat takut virus ngorok kerbau menular ke hewan peliharaan.

BACA JUGA:Antisipasi Penyebaran Wabah, DKPP Sumsel Ajukan 10 Ribu Vaksin, Virus SE Sebabkan Kerbau Mati Mendadak

Untuk mengantisipasi itu saya sudah menghubungi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk meminta vaksin," kata Wahyu, Senin, 22 April 2024.

Wahyu mengaku cemas hewan ternaknya kena virus ngorok. Sebab sebagian kerbau miliknya sudah dipesan warga untuk ibadah kurban saat Idul Adha.

"Jika tidak cepat diantisipasi, virus ngorok masuk kandang kami maka kami akan rugi besar. Saya harap vaksin ini bisa mengantisipasi terjadi penyakit ngorok terhadap hewan kerbaunya," ungkapnya.

Bukan hanya Wahyu, keresahan pun juga disampaikan Iqbal, penjual ternak sapi dan kerbau di Desa Tanjung Agung, Ogan Ilir. Kekhawatiran penyakit ngorok masuk kandang kerbaunya menghantui perasaan Iqbal.

"Kami sangat cemas, mendekati Lebaran Idul Adha Juni nanti permintaan hewan kurban kerbau dan sapi mulai banyak.

BACA JUGA:DKPP Sumsel: 90 Persen Ternak Sudah Divaksinansi, Cegah Kematian Kerbau di OKI

Namun kami peternak diuji dengan wabah penyakit ngorok ini. Untuk itu saya berharap semua hewan kerbau di kandang kami mendapatkan vaksin dari Pemkab Ogan Ilir dan antisipasi terjadinya penyakit ini di perhatikan Pemkab Ogan Ilir," paparnya.

Selain meminta vaksin untuk sapi dan kerbau, Iqbal mengupayakan kandang hewan ternak selalu bersih. "Saya juga tidak gembalakan ternak saya karena takut tertular penyakit itu (ngorok).

Di Indralaya sudah banyak kerbau mati mendadak. Kandang saya, saya bersihkan terus," ujar Iqbal.

Sumber: