Parah, Sekali Hujan Sebanyak 13 Titik Banjir 'Tenggelamkan' Palembang Semalaman, Lalu Lintas Sempat Lumpuh

Parah, Sekali Hujan Sebanyak 13 Titik Banjir 'Tenggelamkan' Palembang Semalaman, Lalu Lintas Sempat Lumpuh

Betapa parahnya banjir yang dialami Kota Palembang, Jumat 12 April 2024, salah satunya motor matic tenggelam setengah badannya.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Hujan deras yang mengguyur Kota Palembang, sepanjang Jumat 12 April 2024 sore hingga malam harinya membuat Kota Palembang 'tenggelam'.

Bagaimana tidak, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang mendeteksi sebanyak 13 titik lokasi banjir di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan tersebut.

Padahal, tren hujan ini bukan terjadi sejak Jumat 14 April 2024 saja, tapi beberapa hari terakhir, Kota Palembang terjadi intensitasnya hujan sejak sore hingga malam harinya.

Dinas PUPR Palembang yang turun ke lapangan mencatat 13 titik akses jalan utama banjir ketika hujan intensitas lebat terjadi Jumat 12 April 2024 sore.

BACA JUGA:Lebaran Usai Penyakit Mengintai, Tetap Waspada Ini Cara Antisipasinya

"Lokasi banjir yang ada di Palembang tersebar di 13 titik,"kata Kepala PUPR Palembang, Akhmad Bastari Yusak, Jumat 12 April 2024 malam.

Pihaknya, mengaku sudah menurunkan tim dan peralatan ke lokasi yang terdampak langsung hujan lebat sepanjang Jumat 12 April 2024.

"Personel dan peralatan sudah berada di lokasi rawan genangan guna meminimalisir ketinggian, waktu dan luasan banjir sejak awal," ujar Akhmad Bastari Yusak.

Hujan lebat mengguyur Kota Palembang, Sumatera Selatan selama dua jam tak hanya membuat jalan macet tapi juga sejumlah rumah terendam banjir.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa Tinjau Bazar Ramadan 1445 H, Dukung Peran UKM Tingkatkan Perekonomian

Pantauan sekitar pukul 20.50 WIB, di beberapa Jalan Kota Palembang terjadi genangan dan macet seperti di Radial simpang 5 DPRD Sumsel, simpang lampu merah Polda.

Lalu, daerah rawan banjir lainnya terpantau di Jalan Pipa Reja, Jalan angkat 45 dan Jalan Gubernur H.A Bastari tepat di bawah jembatan fly over Jakabaring.

Untuk di Jalan Gubernur H.A Bastari tepat di bawah jembatan fly over Jakabaring, kendaraan terjebak macet bahkan tidak bergerak sama sekali.

Genangan air alias banjir di Kota Palembang kali ini menjadi hal yang luar biasa saat hujan deras turun selama 3 jam, bahkan mencapai ketinggian lutut orang dewasa.

Sumber: