Persiapan XL Axiata Saat Lebaran 2024, Prediksi Trafik Layanan Naik 20 Persen Dibanding Hari Biasanya

Persiapan XL Axiata Saat Lebaran 2024, Prediksi Trafik Layanan Naik 20 Persen Dibanding Hari Biasanya

Persiapan XL Axiata memaksimalkan jaringan demi memberikan layanan trafik yang maksimal kepada pelanggan selama Ramadhan dan libur panjang lebaran 2024.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - XL Axiata memprediksi, sepanjang libur panjang Lebaran nanti, trafik layanan akan meningkat sekitar 10 persen sampai dengan 20 persen dibandingkan hari biasa.

"Trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5 persen di sepanjang Ramadhan dibandingkan trafik di hari biasa,"kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Sabtu 30 Maret 2024.

Selanjutnya, sambung dia, diprediksi trafik akan terus meningkat mencapai antara 10 persen hingga 15 persen saat masuk di masa libur Lebaran.

"Hingga puncaknya (trafik XL Axiata) bisa mencapai sekitar 20 persen,"ungkap dia.

BACA JUGA:XL Axiata Salurkan Donasi Bantuan Peduli Korban Banjir dan Erupsi Gunung Marapi di 3 Provinsi Pulau Sumatera

"Momen Lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan,"jelas dia.

Saat ini, lanjut dia, di hari normal biasa, sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada.

"Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 hingga 3 kali lipat dari hari normal," imbuh Gede.

Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata. 

BACA JUGA:5 Kota Ini Diprediksi XL Axiata Bakal Naik Trafik Komunikasi Selama Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2024

"Kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital,"kata Gede.

Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, XL Axiata juga harus memiliki strategi rekayasa trafik  yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi.

"Termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan,"jelas dia.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. 

Sumber: