Mengenal Apa Itu Kamis Putih? Rangkaian Hari Raya Paskah, Ini Sejarah dan Fakta Menarik di Balik Perayaannya

Mengenal Apa Itu Kamis Putih? Rangkaian Hari Raya Paskah, Ini Sejarah dan Fakta Menarik di Balik Perayaannya

Mengenal Kamis putih yang merupakan rangkaian tiga hari suci dari peringatan hari raya Paskah umat Kristiani berikut fakta menarik seputarnya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Mengenal Kamis putih yang merupakan rangkaian tiga hari suci dari peringatan hari raya Paskah umat Kristiani berikut fakta menarik seputarnya.

Kamis putih adalah peristiwa perjamuan terakhir Yesus bersama murid-murid-Nya sebelum Ia ditangkap dan disalib.

Adapun rangkaian Tri Hari Suci Paskah, yang yaitu Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci. Kamis Putih sering disebut Maundy Thursday, Holy Thursday, atau Sheer Thursday.

Peristiwa Kamis Putih ini diperingati sebagai sebuah momen untuk mengenang Yesus mendekati masa kematian-Nya.dan untuk meneladani nilai-nilai yang diajarkan oleh Yesus.

BACA JUGA:Kapan Mulai Libur Lebaran 2024 untuk Siswa TK, SD dan SMP di Kota Palembang? Cek Info di Sini

Kamis putih adalah hari raya terakhir sebelum Tri Hari Paskah. Maka dari itu, Kamis putih juga dipandang sebagai penutup masa prapaskah.

Dalam perayaan Kamis Putih, terdapat dua pelayanan, yaitu perjamuan malam terakhir, yaitu Perjamuan Kudus dan pelayanan membasuh kaki sebagai simbol seorang hamba yang menjadi pelayan Tuhan.

Tradisi ini sering diikuti dengan ibadah khusus dan puasa sebagai bentuk penghormatan dan refleksi atas penderitaan serta pengorbanan Kristus. 

Dikutip dari buku Sejarah Kerajaan Allah oleh J.h. Bavick Prof. Dr., perayaan Kamis Putih dilatarbelakangi oleh dua peristiwa penting dalam kehidupan Yesus Kristus bersama para murid-Nya.

BACA JUGA:Disdik Kota Palembang Tetapkan Jadwal Masuk dan Libur Sekolah Selama Ramadan 2024, Berikut Surat Edarannya!

Peristiwa pertama yang diperingati adalah jamuan makan malam terakhir Yesus dengan para murid-Nya.

Jamuan makan malam ini juga dikenal sebagai Perjamuan Terakhir atau Perjamuan Kudus, di mana Yesus merayakan Paskah Yahudi bersama para murid-Nya.

Peristiwa kedua adalah tindakan Yesus dalam membasuh kaki para murid-Nya sebagai tanda pengabdian dan pelayanan.

Dalam hal ini, Yesus memberikan contoh penting tentang pentingnya melayani sesama dan mengasihi satu sama lain.

Sumber: