Yuk Berburu Pecahan Uang Baru, Cek Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Lebaran 2024 di Palembang

Yuk Berburu Pecahan Uang Baru, Cek Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Lebaran 2024 di Palembang

Layanan penukaran uang baru jelang lebaran idul fitri 1445 H sudah dibuka oleh Bank Indonesia hinga 5 April 2024.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Layanan penukaran uang baru kembali dibuka di wilayah Palembang selama periode Ramadan 2024 atau menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyiapkan 145 titik penukaran uang, bekerjasama dengan sejumlah perbankan daerah di Sumsel.

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang rupiah pada momen Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H dikemas dalam kegiatan “SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri) 2024”.

Kepala BI Kantor Perwakilan Sumsel, Ricky Perdana Gozali mengatakan untuk pelaksanaan penukaran uang program Serambi Sambut Lebaran Idul Fitri 2024 dilakukan setiap tahun dan tersebar di seluruh provinsi.

BACA JUGA:Bank Indonesia Sebut Penghasilan 6 Bulan Kedepan Bakal Meningkat

Total di seluruh Indonesia ada 4.713 titik penukaran uang di seluruh wilayah Indonesia dengan bekerjasama perbankan nasional. Untuk Sumsel ada 145 titik penukaran uang pecahan yang dimulai 15 Maret hingga 5 April 2024.

"Dengan pembagian lokasi di pusat keramaian, perbelanjaan dan retail serta jalan tol dan loket stasiun kereta api. Layanan penukaran uang baru ini bisa di Kas Keliling maupun di titik perbankan"ujar Ricky kepada wartawan.

Masyarakat bisa mendatangi beberapa lokasi penukaran uang baru di Palembang yang dibuka melalui layanan kas keliling Bank Indonesia.

Bank Indonesia juga bekerja sama dengan perbankan untuk menyediakan layanan penukaran uang baru di beberapa titik perbankan baik milik pemerintah maupun swasta.

BACA JUGA:BI Fast Error, Biaya Transfer Lebih Mahal, Perbankan Kena Oceh Netizen Twitter, Ini Kata Bank Indonesia!

Untuk detail jadwal penukaran uang baru melalui Kas Keliling Bank Indonesia di wilayah Palembang dapat dilihat pada laman https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling.

Pada laman tersebut, klik menu ‘Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling’ kemudian pilih Provinsi Sumatera Selatan sebagai lokasi penukaran. Selanjutnya pilih lokasi dan waktu penukaran yang masih tersedia.

"Tahun ini kesediaan uang kita meningkat 12 persen dari 2023. Sebelumnya Rp 4,7 triliun dan sekarang naik menjadi Rp5,3 triliun," ujarnya.

Untuk penukaran uang, BI bekerjasama dengan sejumlah perbankan himpunan milik negara (Himbara) dan perbankan daerah seperti Bank Sumsel Babel yang dibatasi maksimal Rp 4 juta untuk 1 kali penukaran uang pecahan nominal besar dan kecil.

Sumber: