Mercedes-Benz S 600 Guard Jadi Mobil Kepresidenan Prabowo-Gibran Saat Dilantik, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Mercedes-Benz S 600 Guard Jadi Mobil Kepresidenan Prabowo-Gibran Saat Dilantik, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Berikut spesifikasi lengkap dari Mercedes-Benz S 600 Guard yang bakal jadi mobil kpresidenan Prabowo-Gibran saat dilantik jadi Presiden dan Wakil Presiden --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut spesifikasi lengkap dari Mercedes-Benz S 600 Guard yang bakal jadi mobil kpresidenan Prabowo-Gibran saat dilantik jadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

Setelah resmi ditetapkan sebagai pememang pemilu 2024 oleh KPU RI pada 20 Maret 2024 kemarin pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming bakal dilantik pada Oktober 2024.

Tentunya sebagai kepala negara, pasangan Prabowo-Gibran akan mendapat berbagai fasilitas yang disediakan negara, salah satunya adalah mobil dinas atau mobil kpresidenan.

Tak sembarangan mobil dinas atau mobil kepresidenan yang bakal ditumpangi Prabowo-Gibran harulah memiliki ingkat keamanan yang tinggi.

BACA JUGA:8 Mobil Kepresidenan Paling Mahal di Dunia, Sudah Pasti Canggih dan Aman

Seperti halnya Presiden Joko Widodo saat ini yang menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai mobil Kepresidenan, kendaraan tersebut nampaknya juga masih akan dipakai oleh pasangan Prabowo-Gibran saat nanti telah dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara telah menunjuk langsung Mercedes-Benz S 600 Guard anyar. Ada dua unit yang dijadikan kendaraan keras VVIP Kepresidenan.

Mengingat Mercedes-Benz S 600 Guard yang dibeli SBY pada tahun 2008 (tahun pembuatan 2005 dan 2009) sudah berusia lebih dari 10 tahun dan kinerjanya sudah tak optimal lagi.

"Berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, perlu dilakukan penggantian," demikian pernyataan Kementerian Sekretariat Negara pada Agustus 2019.

BACA JUGA:Spesifikasi Buick Seri 8 , Mobil Kepresidenan RI Pertama yang Didapat dari Hasil Curian

Mobil ini dipilih dengan alasan keamanan. Ya, Mercedes-Benz S 600 Guard memang kerap digunakan oleh para pemimpin negara berkat fitur keamanannya.

Mengutip laman resmi Mercedes-Benz global, S 600 Guard tunggangan Jokowi memiliki performa yang cukup tinggi. Berbekal mesin bensin V12, mobil ini memiliki tenaga hingga 530 daya kuda.

Torsi mesinnya mencapai 830 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 7G-Tronic. Kecepatan tertingginya dibatasi secara elektronik hingga 210 km/jam.

Jika jalanan aman dari penjahat yang ingin mencelakai presiden, sopir bisa ngebut berkat mesin V12 berdaya 530 daya kuda yang dipasang di mobil.

Sumber: