Spesifikasi Buick Seri 8 , Mobil Kepresidenan RI Pertama yang Didapat dari Hasil Curian

Spesifikasi Buick Seri 8 , Mobil Kepresidenan RI Pertama yang Didapat dari Hasil Curian

Berikut ini Spesifikasi Buick seri 8 merupakan mobil kepresidenan RI pertama yang punya sejarah unik karena merupakan hasil curian sebulan setelah merdeka--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut ini Spesifikasi Buick seri 8 merupakan mobil kepresidenan RI pertama yang punya sejarah unik karena merupakan hasil curian sebulan setelah merdeka.

Sebagai pemimpin pertama di negara Republik Indonesia, presiden Soekarno memiliki beberapa kendaraan sebagai transportasi kepresidenan pada saat itu.

Mobil Buick seri 8 merupakan mobil pertama Presiden Soekarno. Mobil ini sendiri adalah mobil buatan Amerika. Dan juga mobil Buick seri 8 ini merupakan mobil pertama pada pemerintahan di Indonesia.

Presiden Soekarno sendiri menggunakan mobil ini dari tahun 1945 - 1949. Sejarahnya mobil pertama kepresidenan ini merupakan mobil hasil curian oleh sahabat Presiden Soekarno yang bernama Sudiro.

BACA JUGA:Wow! Ini Spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Kepresidenan RI Seharga Rp 7 Miliar

Pada saat itu Buick seri 8 dengan plat nomor REP 1 ini merupakan mobil dinas kepala kereta api. Sudiro membujuk sopir Buick dengan uang Rp. 300. Kejadian ini tepat pada saat setelah satu bulan Indonesia merdeka.

Mobil Buick seri 8 ini merupakan mobil yang limitid edition karena jumlah produksinya hanya 1.451 didunia. Kapasitas mesin dari mobil ini sendiri yaitu 5.247 cc. 

Hal yang menarik dari mobil ini ialah desain interior pada dalam mobil, karena terdapat kaca pembatas antara pengemudi dengan penumpang. Dimana kaca mobil ini dapat dibuka dengan tuas putar yang tersedia.

Bagian kursi dalam dari mobil ini juga sangat unik. Kursi dan kabin yang terdapat didalam mobil dibaluti oleh kain bewarna coklat.

Karena limitidnya mobil ini pada zaman itu, banyak dari bangsawan eropa menggunakan mobil ini termasuk pada saat itu kerjaan inggris.

BACA JUGA:Mobil Masa Depan Meluncur di 2024, SUV listrik Suzuki eVX Berdimensi Vitara, Siap Dikoleksi

Siapa sangka mobil yang hanya terbatas produksinya didunia tersebut dan hanya dimiliki oleh para bangwasan menjadi mobil pertama presiden republik indonesia.

Mobil lainnya yang pernah menjadi operasional transportasi presiden soekarna ialah Imperial Crown 1957 dan GAZ 13 Chaika 1959.

Imperial Crown 1957

Sumber: