Semarak Ramadan, Suasana Istimewa di Pondok Pesantren At-Toyibah Bangka Belitung

Semarak Ramadan, Suasana Istimewa di Pondok Pesantren At-Toyibah Bangka Belitung

Suasana Ramadhan di Pondok Pesantren At-Toyibah Bangka Belitung terasa istimewa dengan beragam kegiatan yang memperdalam makna ibadah--

BANGKA, RADARPALEMBANG.COM - Suasana Ramadan di Pondok Pesantren At-Toyibah Bangka Belitung terasa istimewa dengan beragam kegiatan yang memperdalam makna ibadah. 

Semangat kebersamaan merayakan bulan suci Ramadan sangat terasa dari para santri dan pengurus Pondok Pesantren At-Toyibah yang berlokasi di desa Balunijuk kecamatan Merawang kabupaten Bangka provinsi Bangka Belitung.

Dalam rangka memeriahkan bulan penuh berkah ini, Pondok Pesantren At-Toyibah mengadakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Mulai dari kelas Tahfizh, tadarusan Al-Qur'an serta kelas Tilawah dilakukan para santri dan pengurus Pondok Pesantren At-Toyibah.

BACA JUGA:Menyimak Tradisi Tarawih 1 Juz Satu Malam di Masjid Agung Palembang, Masih Terus Dipertahankan Hingga Kini

Selain itu Pondok Pesantren At-Toyibah juga menggelar berbagai kegiatan keagamaan seperti Muhadhoroh setiap sore menjelang berbuka yang menginspirasi serta ceramah agama yang memperdalam pemahaman akan ajaran Islam.

Hal ini menjadi momen berharga bagi para santri untuk mendalami ajaran agama dan meningkatkan kecintaan pada Islam.

Pada bulan Ramadan tahun ini Pondok Pesantren At-Toyibah melasanakan pengalaman baru yakni pelaksanaan sholat tarawih serta kegiatan lain dilaksanakan di luar masjid.

Selain kegiatan keagamaan, suasana Ramadan di Pondok Pesantren At-Toyibah juga diwarnai dengan berbagai kegiatan kesenian dan budaya.

BACA JUGA:Silaturahmi ke Pesantren, Santrine Abah Ganjar Disambut Antusias Tokoh Agama dan Masyarakat

Lomba-lomba seperti lomba adzan, lomba baca puisi Islami, lomba cermah tingkat Mts/ MA IT At-toyibah dan kaligrafi turut diselenggarakan untuk  memeriahkan suasana sekaligus mengasah kreativitas para santri.

"Kami berusaha menjadikan bulan Ramadan sebagai momen yang istimewa bagi para santri kami. Selain meningkatkan ibadah, kami juga ingin membentuk kepribadian yang baik dan meningkatkan kreativitas mereka," ujar Ahmad yusron toyyib salah satu Guru Tahfizh dan Pembina OSIS MA Pondok Pesantren At-Toyibah. Saat diwawancara Rabu, 13 Maret 2024.

Semangat dan kebersamaan dalam merayakan bulan suci Ramadhan di Pondok Pesantren At-Toyibah semakin memperkuat ikatan antar santri dan pengurus pesantren dalam menjalani kehidupan beragama dan berbudaya.

Sumber: