Bursa Calon Walikota Palembang, Analisis PUTIN Riset, Ratu Dewa dan Fitri Bersaing, Prima Salam Kuda Hitam

Bursa Calon Walikota Palembang, Analisis PUTIN Riset, Ratu Dewa dan Fitri Bersaing, Prima Salam Kuda Hitam

Peneliti Lembaga Riset Sosial Politik Public Trust Institute Fatkurohman saat Diskusi Media terkait Pilwako Palembang..-zarkasi/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Pasca pileg dan pilpres 2024 yang berlangsung pada Februari lalu, bursa calon walikota Palembang yang akan berlangsung pada November mendatang mulai terasa.

Sejumlah kandidat mulai dari birokrat, politisi dan lainnya digadang-gadang potensial muncul menjadi kandidat calon Walikota dan calon wakil walikota 2024 - 2029.

Jika merujuk pada jumlah kursi DPRD Kota Palembang, sebanyak 50 kursi dan syarat dukungan pencalonan 20 persen kursi DPRD, maka secara rasional paling tidak ada sekitar 4 pasang calon berasal dari parpol. 

Pada akhir Januari 2024 lalu,  Public Trust Institute pernah melakukan pemetaan (maping) politik di Kota Palembang.

BACA JUGA:Ratu Dewa Minta Penetapan Harga Sewa Pasar 16 Ilir Palembang Dibahas Bersama

Digambarkan ada dua tokoh yang sudah menembus dua digit elektabilitas yakni Ratu Dewa (Pj Walikota Palembang) dan Fitrianti Agustida (eks Wawako Palembang 2018-2023). 

"Jelang akhir masa kampanye pileg lalu, Ratu Dewa berada diangka rentang elektabilitas 35 - 47 persen. Kemudian Finda di angka di atas 15 persen," ungkap Peneliti Lembaga Riset Sosial Politik Public Trust Institute Fatkurohman dalam Diskusi Media, Jumat 8 maret 2024.

Kemudian, sebagai kuda hitam data atau yang menempati posisi 3 ada Ketua DPC Gerindra Palembang Prima Salam di angka 5 persenan dan posisi 4 Basyaruddin Ahmad (birokrat Pemprov Sumsel) yang selisih tipis dengan Akbar Alfaro. 

"Prima Salam sebagai peraih suara terbanyak Pemilu 2019 dan 2024 Dapil Sumsel 1 DPRD Provinsi, sangat memungkinkan muncul sebagai kandidat pilwako  apalagi sebagai ketua parpol besar di Palembang,"ungkap Bung FK, sapaanya.

BACA JUGA:2 Ribu Lampu Jalan di Palembang Mati, Pj Walikota Ratu Dewa Janji Segera Perbaiki

Kemudian, di bawah 4 besar, ada sejumlah nama bertengger yang bisa saja jelang pendaftaran menggeser elektabilitas di atasnya, seperti Basyaruddin ataupun Prima Salam jika terus bergerak di masyarakat.

"Sejumlah nama tersebut adalah Akbar Alfaro, Yudha Mahyudin, HNU, Syaiful Fadli dan juga Charma," ujarnya.

Dalam maping juga digambarkan meningkatnya elektabitas Ratu Dewa, selain kapasitasnya sebagai Pj, masyarakat juga melihat sosok Ratu Dewa sebagai tokoh yang melekat sederhana, dekat, dan perhatian pada rakyat.

"Jika nanti benar-benar maju dan mundur jadi Pj Walikota, bakal menjadi pesaing terberat Fitrianti Agustinda pada pilwako mendatang. Dengan modal tersebut Ketua ISNU hanya perlu menjaga pemilih dan memilih pasangan yang tepat dan menguatkan. Begitu juga dengan Finda jika ingin bersaing mulai menimang pasangan yang tepat,"terang alumni FISIP Unsri ini.

Sumber: