Heboh, Suara Satu Kecamatan di Palembang Balik Nol, Ada yang Coba Main-main, KPU Lakukan Ini

Heboh, Suara Satu Kecamatan di Palembang Balik Nol, Ada yang Coba Main-main, KPU Lakukan Ini

Ketua KPU Kota Palembang Syawaluddin saat menjelaskan proses hitung ulang di PPK Kecamatan Sukarame Palembang.-zarkasi/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COMPileg 2024 di Kota Palembang terasa makin seru di ujung. Pasalnya, ada satu kecamatan di Palembang yang suara DPR RI dianggap nol.

Hari ini Senin 4 Maret 2024, KPU Kota Palembang bakal melakukan hitung ulang suara dari Kecamatan Sukarame.

Awalnya, proses perhitungan suara sudah selesai dilakukan oleh PPK Kecamatan Sukarame Palembang, namun diprotes oleh Partai Demokrat karena menduga adanya pengelembungan suara.

Lalu, Ketua KPU Palembang Syawaludin secara tegas mengatakan, mengambil alihan tugas PPK Kecamatan Sukarame. 

 

BACA JUGA:Siapa Caleg DPRD yang Lolos? Simak Cara Mudah Pantau Perolehan Suara Pileg Banyuasin 2024 di Sini

KPU Kota Palembang menyiapkan perhitungan Senin 4 Maret 2024, dan bersurat ke parpol untuk membuat surat mandat, mengikuti proses hitung ulang di KPU Palembang. 

"Untuk dugaan penggelembungan suara DPR RI, sehingga sebanyak 521 surat suara TPS (C1) dari 7 Kelurahan kita bawak satu kecamatan Sukarame," ujar Syawaluddin.

Soal dugaan partai mana melakukan penggelembungan suara itu, Syawaludin belum mengetahui secara pasti dan pihaknya tidak ingin menduga-duga.

Dengan penghitungan ulang dilakukan KPU Palembang, maka suara yang telah dihitung PPK Sukarame selama ini khusus untuk suara DPR RI dianggap nol atau dimulai dari awal kembali. 

 

BACA JUGA:Pileg 2024, Dulu PAW, Sekarang Caleg DPR RI Irma Suryani Raih Hampir 180 Ribu Suara, Langsung Senayan

"Kita anggap nol dan lakukan hitung ulang untuk DPR RI, kalau sebagian untuk DPRD provinsi dimana dikebun bunga ada 45 TPS untuk DPRD Sumsel dan 13 TPS untuk DPRD kota dan untuk Sukajaya memang ada 5 TPS belum dihitung, sedangkan untuk RI satu kecamatan balik nol," katanya.

Disinggung soal nasib dan keberadaan petugas PPK Sukarame saat ini dan ke depan bagaimana, Syawal memastikan akan dinonaktifkan.

Sumber: