Dosen UBD jadi Penguji Luar di Universiti Kebangsaan Malaysia

Dosen UBD jadi Penguji Luar di Universiti Kebangsaan Malaysia

Dosen Teknik Informatika Universitas Bina Darma, Zaid Amin, M.Kom., Ph,D. dipercaya untuk menjadi External Examiner (Penguji Luar) di Institute of Visual Informatics, Universiti Kebangsaan Malaysia. -dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Universitas Bina Darma secara perlahan tapi pasti telah berhasil secara nyata mewujudkan visi dan misi. 

Visi dan misi ini tertuang dalam proyeksi di mana pada Tahun 2025, Universitas  Bina Darma dikukuhan untuk menjadi universitas yang unggul dan berstandar internasional.

Rekognisi berstandar internasional ini lagi-lagi telah dibuktikan dan layak dimiliki oleh civitas Universitas Bina Darma

Dalam proses pencapaian visi tersebut, kali ini Dosen Teknik Informatika Universitas Bina Darma, Zaid Amin, M.Kom., Ph,D. dipercaya untuk menjadi External Examiner (Penguji Luar) di Institute of Visual Informatics, Universiti Kebangsaan Malaysia.  

BACA JUGA:SSAAC dan UBD Gelar Seminar Hello Sister Cegah Kekerasan Seksual

Dalam kesempatan ini,  Zaid Amin, M.Kom., Ph.D dilantik oleh Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai External Examiner (Penguji Luar) untuk sesi Proposal Defense atas nama mahasiswa program Doctor of Philosophy (PhD) bernama Anis Juanita Binti Mohd Zainudin, Nomor Matrik Mahasiswa P128744 dengan Judul Disertasi “A Sharing Behaviour Model Based on Information Characteristics as Misinformation Intervention Strategy”. 

Ujian Proposal Defense ini dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 24 Januari 2024 secara daring melalui talian Webex, Universiti Kebangsaan Malaysia. 

Aktifitas sebagai Penguji Luar ini juga merupakan aksi konkrit nyata kesepakatan implementasi kegiatan kerja sama (MoU) antara Universitas Bina Darma dan Universiti Kebangsaan Malaysia yang telah berjalan sangat erat dan banyak menghasilkan kegiatan akademik yang didasari atas prinsip saling menguntungkan (win-win solution).

Dalam sesi pelantikan ini Universitas Bina Darma telah berhasil menjadi "subjek" yang diminta dan diundang untuk menguji mahasiswa Disertasi yang dibimbing oleh Profesor Madya (PM) Nazlena Mohamad Ali, selaku Senior Research Fellow di Institute of Visual Informatics, Universiti Kebangsaan Malaysia. 

BACA JUGA:UBD Sukses Gelar Festival Olahraga Tradisional

Rekognisi ini menjadi standar dasar bahwa Universitas Bina Darma layak dan mampu untuk memberikan penilaian atas studi yang di tempuh oleh mahasiswa program doktoral yang ada di Universiti Kebangsaan Malaysia.

Tugas sebagai External Examiner (Penguji Luar) adalah menilai apakah disertasi memenuhi kriteria yang dituangkan dalam Standar Akademik dan Petunjuk Laporan Penguji Eksternal Universiti Kebangsaan Malaysia, penguji luar juga meninjau terhadap kelebihan dan kekurangan disertasi serta merekomendasikan revisi bila diperlukan, serta membuat rekomendasi dan penilaian tentang apakah kandidat Doktor harus melanjutkan ke Ujian Akhir (VIVA).

Atas pencapaian dan rekognisi ini, secara terpisah Rektor Universitas Bina Darma, Prof. Sunda Ariana selaku pimpinan mengharapkan segenap Universitas Bina Darma dapat semakin bersemangat mewujudkan Visi dan Misi yang telah dikukuhkan, dan selalu berfikir secara terbuka (open-minded) untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak eksternal di level Nasional maupun Internasional, dan selalu optimis bahwa kualitas kontribusi nyata Universitas Bina Darma di level Internasional sudah tidak diragukan lagi. (*)

 

Sumber: