Desa Padang Panjang Kalsel Gandeng Agen BRILink Dongkrak Perekonomian Inklusif

Desa Padang Panjang Kalsel Gandeng Agen BRILink Dongkrak Perekonomian Inklusif

Taman Wisata Laburan di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. --Jaenuri via Google Photos

BACA JUGA:Upaya Desa Cikaso Perkuat Inovasi dan Inklusi Keuangan, Raih Juara 2 Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 dengan BR

BUM Desa Maju Jaya juga kerap mengadakan berbagai event seru di sirkuit grasstrack tersebut. Upaya-upaya ini sukses menarik minat wisatawan untuk datang.

“Event yang diadakan itu membuat Taman Wisata Menanti Laburan semakin hidup. Ini lantaran warung-warung lokal jadi ramai, penjualan makanan meningkat, dan jumlah pengunjung yang ke taman juga meningkat secara drastis,” ucapnya.

Saat ini, tambah Bumukti, pendapatan kotor Taman Wisata Menanti Laburan berada di kisaran Rp 600 juta per tahun.

Jumlah tersebut berasal dari penjualan tiket masuk, sewa warung, wahana permainan, outbond, kemah, dan kunjungan grup.

BACA JUGA:Optimalisasi AgenBRILink, Desa Bansari Raih Juara Umum Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023

Produk BRI bantu dongkrak perekonomian

Peran BUM Desa Maju Jaya sebagai motor penggerak perekonomian di Desa Padang Panjang cukup besar. BUM Desa Maju Jaya mampu memberikan dampak terhadap peningkatan taraf kesejahteraan di wilayah tersebut.

Selain mengelola Taman Wisata Menanti Laburan, BUM Desa Maju Jaya juga mengoptimalkan produk BRI untuk mendongkrak ekonomi warga Desa Padang Panjang. Salah satunya adalah AgenBRILink.

AgenBRILink adalah layanan perbankan tanpa kantor yang diinisiasi oleh BRI untuk menjangkau masyarakat di seluruh Nusantara. Dalam layanan ini, BRI menggandeng nasabah sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real-time online dengan konsep sharing fee. Dengan demikian, masyarakat tak perlu ke kantor cabang BRI untuk melakukan transaksi tersebut.

“BUM Desa Maju Jaya awalnya hadir untuk mengelola warung sembako. Kemudian, BUM Desa Maju Jaya mengajukan kepada BRI untuk menjadikan warung yang dikelolanya sebagai AgenBRILink,” kata Bumukti.

BACA JUGA:Wow! Pinjaman KUR BRI Bisa Sampai 4 Kali, Plafon Mulai Rp 10 Juta, Begini Syarat dan Ketentuan Bunganya

Dari situ, lanjut Bumukti, warung sembako yang dikelola BUM Desa Maju Jaya secara perlahan berkembang. Kehadiran AgenBRILink juga memudahkan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank untuk mengakses layanan perbankan.

“Sekarang, jadi banyak aktivitas transaksi perbankan yang dilakukan penduduk. Selain mempermudah, pendapatan pemilik warung yang menjadi AgenBRILink juga bertambah karena mendapatkan komisi dari tiap transaksi. Jadi, memang benar-benar berdampak secara ekonomi,” terangnya.

Selain AgenBRILink, layanan mobile banking BRImo turut memberikan dampak terhadap kehidupan masyarakat Desa Padang Panjang.

Sumber: