Optimalisasi AgenBRILink, Desa Bansari Raih Juara Umum Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023

Optimalisasi AgenBRILink, Desa Bansari Raih Juara Umum Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023

Desa Bansari merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 1.000 - 1.500 mdpl, Desa ini memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakatnya yang berjumlah 4.900 jiwa.-dok bri-

BANSARI, RADARPALEMBANG.COM Desa Bansari merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 1.000 - 1.500 mdpl, Desa ini memiliki potensi alam yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakatnya yang berjumlah 4.900 jiwa.

Selain hasil pertanian dan perkebunan, Desa Bansari juga punya kekayaan wisata alam. Kearifan lokal berupa kesenian Jaran Kepang, Kubro Siswo, dan Karawitan, serta industri kreatifnya turut menyokong sektor wisata Desa Bansari.

Menyadari potensi tersebut, Desa Bansari pun melakukan sejumlah inovasi, seperti pemanfaatan teknologi smart internet of things (IoT) untuk membantu memantau lahan dan hasil pertanian, hidroponik greenhouse untuk budi daya melon, dan penggunaan energi listrik terbarukan, seperti panel surya.

Untuk memperkuat potensi yang ada, Desa Bansari mengikuti program Desa BRILiaN 2023 yang diinisiasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI. Selama mengikuti program, mulai dari perangkat desa, pengurus BUMDes, hingga pelaku usaha mendapatkan pelatihan dan pendampingan.

BACA JUGA:Wow! Pinjaman KUR BRI Bisa Sampai 4 Kali, Plafon Mulai Rp 10 Juta, Begini Syarat dan Ketentuan Bunganya

Salah satunya adalah pemanfaatan digitalisasi, baik dalam pemasaran maupun transaksi. Untuk pemasaran, Desa Bansari membuat situs web, media sosial desa, serta memanfaatkan marketplace Localoka dan Pasar.id.

Sementara, digitalisasi pembayaran, Desa Bansari memanfaatkan BRImo, QRIS BRI untuk pelaku usaha, dan AgenBRILinK.

BRImo merupakan mobile Banking dari BRI yang hadir untuk memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non-nasabah BRI agar dapat bertransaksi secara praktis.

Lewat aplikasi tersebut, masyarakat desa dapat membayar tagihan bulanan, seperti listrik dan air, hingga top-up saldo untuk dompet digital. BRImo juga dilengkapi dengan fitur pembayaran QRIS BRImo.

BACA JUGA:Terbaru, Angsuran KUR BRI 2024 per Bulan untuk Pinjaman Rp 50 Juta, Pelaku UMKM Merapat Biar Usaha Makin Cuan

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Tirta Sembada, Hendi Nurseto menjelaskan, BRImo menjadi salah satu layanan perbankan yang digunakan oleh masyarakat Desa Bansari. Saat ini, lebih dari 90 persen masyarakat Desa Bansari menggunakan BRImo. 

Layanan tersebut digunakan lantaran semakin banyak aktivitas transaksi di Desa Bansari yang dilakukan secara digital.

Jumlah pengguna BRImo yang tinggi di Desa Bansari sendiri tidak terlepas dari penggunaan QRIS BRI, oleh pelaku usaha.

Untuk diketahui, BRI menyediakan membantu membuat kan QRIS BRI untuk memudahkan pelaku usaha. Layanan itu juga sudah terhubung dengan Aplikasi BRI Merchant. 

Sumber: