Berapa Daya Listrik yang Dibutuhkan Mengecas Motor Listrik di Rumah? Para Pengguna Wajib Tau Sebelum Punya

Berapa Daya Listrik yang Dibutuhkan Mengecas Motor Listrik di Rumah? Para Pengguna Wajib Tau Sebelum Punya

Berikut gambaran daya listrik yang diperlukan para pemilik untuk dapat mengecas motor listrik di rumah--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut gambaran daya listrik yang diperlukan para pemilik untuk dapat mengecas motor listrik di rumah.

Ekosistem motor listrik di tanah air saat ini berkembang dengan pesat terlebih setelah adanya kebijakan dari Pemerintah yang memberikan subsidi pembelian dan konversi sebaesar Rp 7 Juta untuk motor listrik.

Selain subsidi tersebut ada beberapa faktor kemudahan yang di tawarkan oleh motor listrik bagi para penggunanya, seperti perawatan yang mudah, dan tak perlu ribet antre di SPBU.

Karena menggunakan baterai sebagai sumber tenaga penggeraknya tentunya membuat pengguna motor listrik tidak perlu antre di SPBU untuk mengisi bahan bakar. 

Saat ini juga sudah banyak tersedia SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang dikeola BUMN atau pun swasta.

BACA JUGA:Selisih Rp 500 Ribu, Ternyata Ini Perbedaan Motor Listrik Honda EM1 e Plus dengan yang Biasa

Selain itu para pengguna motor listrik dapat menisi daya atau mengecas kendaraanya di rumah sendiri. Lantas berapa sebenarnya daya listrik rumah yang diperlukan untuk mengecas motor listrik.

Berikut gambarannya:

Untuk mengecas sebuah motor listrik dirumah mulai dari 0 persen biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam dengan teknologi pengisian daya cepat.

Namun untuk kebutuhan pengisian daya listrik setiap merek kendaraan berbeda-beda tentunya. Sebagai contoh untuk mengecas motor listrik merek United dan Polytron daya listrik minimal yang diperlukan adalah sebesar 1.300 Watt.

Lalu untuk merek motor listrik Yadea, hanya memerlukan daya listrik rumah minimal 660 Watt sedangkan untuk merek Honda hanya menyebut kebutuhan baterainya 400 Watt.

Sementara itu rata-rata penggunaan daya listrik PLN rumah tangga di Indonesia saat ini cukup bervariasi mulai dari  900 VA, 1200 VA, 1300 VA, dan seterusnya.

BACA JUGA:Kenalan Sama Motor Listrik Electrum H5, Konon Katanya Lebih Murah dari Vario, Ini Spesifikasinya

Contoh untuk daya listrik 900 VA atau setara dengan 720 Watt, - asumsi nilai power factor 0,8. Saat melakukan pengecasan baterai Honda EM1 e: maka daya listrik bisa dipakai di rumah tersisa 320 Watt.

Sumber: