8 Tradisi dan Ritual Unik di Indonesia, Bisa Bikin Merinding!

8 Tradisi dan Ritual Unik di Indonesia, Bisa Bikin Merinding!

Tradisi dan ritual unik Tabuik di Sumatera Barat.--

Jika Anda tertarik menyaksikannya secara langsung, segera kunjungi Dusun Hulu Bue, Kampung Sebujit, Siding, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Upacara adat ini biasanya dilaksanakan setiap tanggal 13-17 Juni setiap tahunnya. Tertarik menontonnya?

7. Kerik Gigi dari Kepulauan Mentawai Kalimantan

Apakah Anda pernah membayangkan bertemu dengan vampire, tapi asli dari Indonesia? Ya, cukup kunjungi Kepulauan Mentawai Kalimantan dan Anda akan menjumpai kaum hawa dari Suku Mentawai kebanyakan memiliki gigi runcing.

Tapi tenang saja, mereka tidak meminum darah kok, tapi bentuk giginya saja yang runcing.

Tradisi unik itu bernama Kerik Gigi, di mana gigi para wanita Suku Mentawai harus rela diruncingkan dan diasah hingga tajam.

Proses tersebut berlangsung hingga berjam-jam, karena tahapan yang tidak mudah dan perlu ketelitian.

Yang bikin merinding, ternyata proses tersebut dilakukan tanpa menggunakan obat bius. Jadi bayangkan saja seberapa ngilu dan sakitnya menjalani seluruh prosesnya dari awal hingga akhir.

8. Tau-Tau dari Tanah Toraja

Kalau di Amerika Serikat ada spirit doll, maka di Indonesia ada boneka yang dipercaya sebagai penghubung antara kehidupan dan kematian, ya boneka tersebut bernama Tau-Tau.

Benar, Tau-Tau merupakan tradisi yang ada di Tana Toraja di mana ada proses pembuatan patung dari pahatan kayu hingga menyerupai perwujudan orang yang telah meninggal.

Bayangkan saja ada boneka mendiang kakek atau nenek dipajang di dalam rumah? Wah, pasti merinding!

Tradisi pahat boneka kayu Tau-Tau ini tergabung dalam upacara adat Rambu Solo di mana terjadi proses pemakaman dengan serangkaian adat-adat lainnya yang sangat menarik perhatian para turis.

Sumber: