8 Tradisi dan Ritual Unik di Indonesia, Bisa Bikin Merinding!

8 Tradisi dan Ritual Unik di Indonesia, Bisa Bikin Merinding!

Tradisi dan ritual unik Tabuik di Sumatera Barat.--

Ya, tradisi ini dapat Anda temui di daerah Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Uniknya lagi, penduduk setempat berpikiran bahwa darah yang tertumpah dapat menyuburkan tanah, yang akan menghasilkan panen yang melimpah.

Jadi wajar saja jika kedua kubu saling menyerang hingga berdarah-darah! Bagaimana, sudah merinding?

5. Tiwah dari Kalimantan Tengah

Jika Anda belum merinding juga setelah membaca empat tradisi di atas, maka setelah mendengar penjelasan tradisi Tiwah, bakal auto merinding deh!

Lho, kok bisa sih? Tradisi ini dilakukan di wilayah Kalimantan Tengah oleh Suku Dayak, dan menampilkan jenazah leluhur Suku Dayak yang digali lagi, tulangnya dibersihkan, kemudian dimasukkan ke dalam rumah kecil bernama balai nyahu.

Tidak hanya itu, ada beberapa hewan yang dijadikan tumbal dengan cara ditusuk pakai tombak hingga mati.

Jadi jika Anda ingin menyaksikan upacara adat Tiwah, maka harus siap-siap melihat tulang-tulang asli manusia dan hewan-hewan yang mati karena tusukan tombak.

Sanggup melihatnya? Jika iya, Anda juga wajib mengetahui pantangan barang apa yang tidak boleh dibawa saat menyaksikan upacara adat tersebut, agar tidak terkena sanksi adat Tiwah.

6. Nyobeng dari Kalimantan Barat

Selanjutnya ada tradisi Suku Dayak bernama Nyobeng. Tradisi ini terbilang unik dan bikin merinding karena ada salah satu ritualnya memandikan tengkorak manusia!

Meskipun begitu, tradisi unik ini mengundang perhatian turis asing maupun lokal. Tradisi ini telah ada sejak lama, ketika sering terjadi perang antar suku di wilayah Kalimantan dan Malaysia.

Tradisi Nyobeng merupakan salah satu bagian dari upacara adat Sibang yang menjadi kegiatan tahunan terbesar Suku Dayak Bidayuh.

Sumber: