Berhasil Turunkan Angka Stunting, Kabupaten Muratara Terima Penghargaan Dari BKKBN

Berhasil Turunkan Angka Stunting, Kabupaten Muratara Terima Penghargaan Dari BKKBN

Ketua PKK kabupaten Muratara, Hj Rita Suryani berhasil meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI atas keberhasilan menurunkan angka stunting--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Ketua PKK kabupaten Muratara, Hj Rita Suryani berhasil meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI atas keberhasilan menurunkan angka stunting.

Penghargaan Manggala karya kencana (MKK) sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh BKKBN RI kepada tokoh tokoh yg memberikan komitmen serta dedikasi tinggi dalam komitmen luar biasa untuk melaksanakan program pengendalian penduduk dan pembangunan kualitas penduduk yang efektif dan inovatif dalam rangka percepatan penurunan stunting khususnya di kabupaten Muratara. 

Sebagaimana amanah pepres no 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting 

Menurut Ketua PKK Kabupaten Muratara Hj Rita Suryani, di kabupaten Muratara telah banyak aksi dari seluruh multi sektoral dan multi pihak terutama dari PKK di kabupaten Muratara telah melakukan aksi masif untuk percepatan penurunan stunting.

BACA JUGA:Kado HUT ke-78, OKI Diguyur DBH Kelapa Sawit dan Insentif Fiskal Penurunan Stunting

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Fokus Serius Atasi Karhutla dan Stunting

Dilanjutkan Rita, Sehingga presentasi stunting kabupaten Muratara pada tahun 2022 sebesar 28 persen turun menjadi 20 persen di tahun 2023 ada penurunan 8 persen dalam menjadi penurunan stunting 5 besar di 17 kabupaten/kota di Sumsel. 

"Alhamdulillah ketua PKK kabupaten Muratara mendapatkan penghargaan Manggala karya kencana (MKK),"kata Rita, Jumat 15 desember 2023.

Dilanjutkan Rita,Aksi nyata PKK di kabupaten Muratara melakukan kerja kemitraan denga dinas terkait seperti optimalisasi peran aktif posyandu, memberikan komunikasi informasi dan edukasi pola asuh kepada orang tua.

"Khususnya pola asuh perilaku pengetahuan makanan bergizi, meningkatkan penggunaan kontrasepsi modern, meningkatkan peran aktif 8 fungsi keluarga, dan aksi lainny,"ujar Rita yang juga anggota DPRD Sumsel ini.

Penghargaan Manggala Karya Kencana  yang diberikan oleh BKKBN RI sendiri diserahkan pada Kamis 14 desember 2023 di Hotel Beston Palembang.

Sumber: