Ratu Dewa Sebut Kilang Pertamina Plaju Berperan Penting Dukung Proklim Lestari Pertama di Palembang

Ratu Dewa Sebut Kilang Pertamina Plaju Berperan Penting Dukung Proklim Lestari Pertama di Palembang

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa memberikan apresiasi ke PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju konsisten menjadi pembina program kampung iklim (Proklim) di wilayah kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju konsisten menjadi pembina program kampung iklim (Proklim) di wilayah kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin.

Sejak 2018 lalu, Kilang Pertamina Plaju melakukan pendampingan dalam program yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di kelurahan dan desa di Ring I perusahaan.

Salah satu capaian yang diraih yakni Penghargaan Apresiasi Pendukung Program Kampung Iklim (Proklim) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan ini diberikan atas dedikasi perusahaan dalam mendukung dan membina 19 lokasi Kampung Proklim di Kecamatan Plaju di Kota Palembang dan di Kecamatan Banyuasin I, Kab. Banyuasin.

BACA JUGA:Songsong Net Zero Emission di Sumsel, Kilang Pertamina Plaju Ajak Mahasiswa Ambil Peran

Kilang Pertamina Plaju juga berhasil mengantarkan Kelurahan Talang Bubuk, kecamatan Plaju sebagai kelurahan yang berhasil menjalankan proklim hingga kategori Lestari.

Atas prestasi  tersebut, PJ Wali kota Palembang Ratu Dewa mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Kilang Pertamina Plaju.

Bagi Ratu Dewa, peran perusahaan dalam melakukan pembinaan program pencegahan perubahan iklim tersebut merupakan sesuatu yang patut dibanggakan.

“Prestasi yang diraih oleh Kelurahan Talang Bubuk ini tidak terlepas dari dukungan Kilang RU III Plaju. Pertamina berjasa dalam penghargaan ini. Sekali lagi kami mengapreasiasi peran Pertamina,” ujar Ratu Dewa.

BACA JUGA:Perkuat Kinerja Loss Control Management, Kilang Pertamina Plaju Cegah Kehilangan Minyak

Komitmen Pelestarian Lingkungan

General Manager Kilang Pertamina Plaju Yulianto Triwibowo menjelaskan perusahaan memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan yang diwujudkan dengan kontribusi dalam pengendalian perubahan iklim dengan melakukan berbagai upaya termasuk bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah.

Salah satunya melalui pembinaan program kampung iklim.

“Kami ingin kesadaran merawat lingkungan juga muncul dari masyarakat. Masyarakat kami ajak untuk ambil peran menjaga bumi,” jelasnya. 

BACA JUGA:Bantu Atasi Karhutla di Sumsel, Kilang Pertamina Plaju Bantu Pemeriksaan Medis Manggala Agni

Selaras dengan SDGs dan ESG

Komitmen tinggi Kilang Pertamina Plaju dalam mendukung implementasi Proklim di Kecamatan Plaju dan Banyuasin I selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) ketiga belas yakni mengambil tindakan cepat untuk untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya.

Melalui upaya tersebut pula Kilang Pertamina Plaju telah turut mendukung implementasi ESG (Environmental, Social dan Governance) khususnya aspek lingkungan (Environmental) dengan mengajak masyarakat mengendalikan  perubahan iklim dengan usaha yang maksimal.

BACA JUGA:Pemeliharaan Kilang Pertamina Plaju 2023 Dimulai, Lebih 9 Ribu Pekerja Dilibatkan

Sumber: