Bantu Atasi Karhutla di Sumsel, Kilang Pertamina Plaju Bantu Pemeriksaan Medis Manggala Agni

Bantu Atasi Karhutla di Sumsel, Kilang Pertamina Plaju Bantu Pemeriksaan Medis Manggala Agni

Tim Medical Kilang Pertamina Plaju yang diturunkan untuk membantu pemeriksaan kesehatan Brigade Manggala Agni di Posko Jungkal, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kilang Pertamina Plaju (PT Kilang Pertamina Internasional) terus membantu meringankan tugas para Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel.

Beberapa waktu sebelumnya tim Fireman Kilang Pertamina Plaju diturunkan untuk membantu pemadaman api serta membantu persediaan logistik.

Kini giliran tim Medical Kilang Pertamina Plaju yang diturunkan untuk membantu pemeriksaan kesehatan Brigade Manggala Agni di Posko Jungkal, Kecamatan Pampangan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Setiap pekannya, total tim pemadam Manggala Agni yang diperiksa kesehatan mencapai lebih dari 150 petugas.

BACA JUGA:Pemeliharaan Kilang Pertamina Plaju 2023 Dimulai, Lebih 9 Ribu Pekerja Dilibatkan

"Program pemeriksaan ini dijalankan secara berkala sejak 3 Oktober 2023 lalu,"kata Area Manager Communication, Relations dan CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari.

"Kami meyakini kebakaran lahan ini adalah hal yang tidak diinginkan sehingga peran sekecil apapun yang dilakukan akan memberikan dampak positif bagi warga," ujar Rachmi.

Sejauh ini, sudah sekitar 400 paket kesehatan digelontorkan Kilang Pertamina Plaju untuk Brigade Manggala Agni.

Adapun paket bantuan kesehatan Kilang Pertamina Plaju berupa obat tetes mata, vitamin, obat luka bakar, dan oralit. 

BACA JUGA:Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan Proklim 2023 Kategori Lestari dan Utama

Jika ditotal, bantuan yang telah diberikan mencapai Rp 46 Juta.

Rata-rata, Brigade Manggala Agni ini sudah bermukim di posko ini sejak beberapa bulan terakhir, dengan sarana dan prasarana yang amat sederhana.

Posko yang dikunjungi, antara lain Posko Jungkal di Kecamatan Pampangan, posko Kayuagung di OKI, dan posko Indralaya di Kecamatan Ogan Ilir, tim medis yang diturunkan sebanyak 1 dokter dan 2 paramedis.

Beragam keluhan dirasakan brigade Manggala Agni, misalnya Dediansyah (40) yang akhir-akhir ini sering mengeluhkan gatal di kaki. 

Sumber: