Dikawal 4 Jet Tempur, Pesawat Kepresiden Putin Ilyushin II-96-300PU Punya Spesifikasi Bak Istana Terbang

Dikawal 4 Jet Tempur, Pesawat Kepresiden Putin Ilyushin II-96-300PU Punya Spesifikasi Bak Istana Terbang

Dalam lawatan kenegaraanya ke Timur Tengah Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan Pesawat Kepresidenan Ilyushin Il-96-300PU yang terkenal mewah dan canggih--

Dan juga Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Uni Emirat Arab untuk membahas konflik yang tengah terjadi di Gaza, serta membahas Ukraina yang masih tengah berperang dengan Rusia. 

BACA JUGA:5 Pesawat Kepresidenan Termahal di Dunia, Nomor 2 Paling Diluar Nalar, Indonesia Masuk Gak?

Dalam kunjungannya kali ini Vledemir Putin tetap menggunakan pesawat kepresidenan miliknya yaitu pesawat Ilyushin Il-96-300PU.

Demi keamanan sang Presiden karena ini kali pertamanya keluar dari Rusia setelah mengalami perang dengan Ukraina, pesawat Ilyushin dikawal oleh 4 jet tempur Sukhoi-355 milik Rusia.

Pesawat kepresidenan Rusia ini dari luar tampak sangat biasa, seperti pesawat sipil pada umumnya. Namun pesawat ini sendiri memiliki keamanan dan kemewahan yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang.

Pada bagian desain interiornya sangat mencengangkan karena ditambahkannya aksen emas dan karpet permadani di sejumlah sudut ruangan pesawat yang membuat interior pesawat tampak sangat mewah. 

Pesawat dengan harga Rp 7 triliun ini mengusung desain ienterior dengan gaya neoklasik yang membuat isi dalam pesawat sangat elegan.

BACA JUGA: Wow! Ini 3 Jenis Pesawat Listrik Jadikan Transportasi Udara Ramah Lingkungan

Tak hanya itu pesawat ini juga memiliki sebuah kamar tidur untuk Presiden Putin, Kantor Kepresidenan, Tempat Gym, Kamar mandi yang mewah bak hotel, dan lain sebagainya.

Pada bagian cat  pesawat dilampisi oleh cat khusus agar keberadaan pesawat ini tikdan dapat diketahui oleh radar.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem komunikasi canggih yang dapat memerintahkan pasukan jika terjadi serangan tak terduga., dimana pesawat ilyushin IL-96-300PU dapat melaju hingga 560 mph atau 901 km/jam.

Namun sistem keamanan dari pesawat Presiden Putin sangat dirahasiakan dari publik, detail mengenai sistem keamanan, avionik, dan perincian teknis pesawat dilindungi untuk kepentingan keamanan nasional dan privasi presiden.

Pesawat Ilyushin Il-96-300PU dirancang untuk memberikan fasilitas tingkat tinggi dan perlindungan keamanan untuk presiden dan delegasi resmi selama perjalanan domestik maupun Internasional.

Dirahasiakannya spesifikasi pesawat presiden adalah sebagai bentuk standar internasional untuk melindungi keamanan dan integritas kepresidenan . Oleh karena itu, rincian teknis pesawat tersebut biasanya tidak diungkapkan secara terbuka.

 

Sumber: