Bukan Eropa dan Timur Tengah, Asia Tenggara Menjadi Kawasan dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Dunia

Bukan Eropa dan Timur Tengah, Asia Tenggara Menjadi Kawasan dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Dunia

Asia tenggara menjadi kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Dunia yang mengalahkan kawasan Eropa, Timur Tengah, dan kawasan negara lainnya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Asia tenggara menjadi kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Dunia yang mengalahkan kawasan Eropa, Timur Tengah, dan kawasan negara lainnya.

Dari data pertumbuhan GDP ASEAN dari tahun 1980 hingga 2023 jika dibandingin dengan kawasan-kawasan lain, kawasan ASEAN mempunyai pertumbuhan ekonomi sampai 1240 persen yang jauh melampaui peringkat dua yaitu Amerika bagian utara.

Kemudian juga melampaui kawasan Timur Tengah, negara gabungan G7, Amerika Selatan, Afrika dan Uni Eropa.

Dengan kecepatan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara diprediksi dapat menjadi poros kekuatan besar ekonomi dunia dalam beberapa dekade ke depan.

Dan faktanya pada tahun 80-an, wilayah Asia Tenggara dianggap sebagai kawasan termiskin di dunia. 

BACA JUGA:Komitmen Mengelola Lingkungan, Pusri Kembali Raih PROPER Emas Tahun 2023

Dimana pada tahun 70-80-an negara-negara Asia Tenggara seperti Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, Malaysia mengalami kondisi yang lebih miskin daripada negara-negara di Afrika dan juga Amerika Selatan.

Dimana data menunjukan tingkat GDP ekonomi ini di tahun 80-an kawasan Asia Tenggara berada ditingkat paling bawah, bahkan negara Vietnam sempat masuk kategori negara termiskin di dunia setelah perang Indochina di tahun 70-an.

Namun saat ini Vietnam sudah berubah menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di Asia dengan nilai GDP 46,4 miliar dolar Amerika.

Tidak hanya vietnam saja, namun negara di Asia Tenggara lain seperti Singapura, Indonesia, Malaysia dan Thailand  perekonominya juga berubah sangat drastis dalam 4 dekade terakhir.

BACA JUGA:Selain Kerjasama, Presiden Jokowi Angkat Isu Palestina di Pertemuan Bilateral dengan Perdana Mentri Jepang

Tidak hanya dilihat dari pembangunan kota-kotanya saja namun juga hampir semua aspek lain seperti kualitas pendidikan, angka harapan hidup, berkurangnya tingkat konflik bersenjata dan masih banyak lagi.

Terdapat beberapa alasan atau faktor pertumbuhan ekonomi wilayah Asia Tenggara bisa sangat cepat dalam 40 tahun terakhir, yaitu :

- Minimnya konflik bersenjata dan iklim politik yang cenderung stabil 

Sumber: