Jadi Produsen Terbesar, Masyarakat Jepang Malah Tak Gunakan Motor, Ini Alasannya

Jadi Produsen Terbesar, Masyarakat Jepang Malah Tak Gunakan Motor, Ini Alasannya

Jepang merupakan negara produsen motor terbesar, namun masyarakat Jepang tidak menggunakan sepeda motor dalam kehidupan sehari-hari --

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Jepang merupakan negara produsen motor terbesar, namun masyarakat Jepang tidak menggunakan sepeda motor dalam kehidupan sehari-hari ternyata ini alasannya.

Jepang merupakan negara produsen motor terbesar didunia. Setidaknya ada beberapa pabrikan motor milik negara jepang seperti Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.

Motor buatan jepang ini sangat banyak digunakan di Indonesia,  setidaknya separuh penduduk indonesia memiliki sepeda motor, yaitu sekitar 130 Jutaan lebih sepeda motor yang ada di Indonesia.

Tentu saja jumlah motor yang ada di Indoneisa hampir setara dengan 50 persen jumlah penduduk yang ada, dimana saat ini jumlah penduduk Indonesia adalah 273,8 juta jiwa.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mobil Irit BBM dengan Harga Terjangkau, Cek Daftarnya di Sini

Meski memiliki pabrikan motor terbesar, tetapi masyarakat Jepang tidak menggunakan sepeda motor dalam kehidupan sehari-hari mereka, tercatat hanya 8 persen masyarakatnya yang menggunakan sepeda motor.

Penduduk Jepang sendiri ada sekitar 125,7 juta jiwa, dan masyarakat yang menggunakan sepeda motor di jepang sangat sedikit. Menurut data statistika jumlah pengunaan motor di Jepang kurang lebih 10 juta unit saja.

Hal ini tentu saja membuat orang bertanya tanya, mengapa negara dengan produksi motor terbesar tetapi masyarakatnya hanya sedikit yang menggunakan. 

Dijepang sendiri motor digunakan hanya untuk pengiriman surat, paket, ekspedisi, dan beberapa orang karena hobi.

BACA JUGA:New Honda PCX160 Terbaru, Spesifikasi dan Harga On The Road di Palembang, Cek di Sini

Jika untuk kegiatan sehari-hari masyarakat Jepang tidak menggunakan sepeda motor, mereka lebih memilih menggunakan sepeda biasa.

Menurut  Ni Mae Savitri, dosen Sastra Jepang Universitas Brawijaya alasan masyarakat Jepang tidak menggunakan sepeda motor adalah sebagai berikut :

1. Jepang memiliki 4 musim, dan diantara 4 musim akan adanya musim dingin dan juga musim salju. 

Karena adanya salju tersebut membuat masyarakat Jepang enggan memiliki bahkan mengendarai sepeda motor karena tentunya akan berbahaya untuk keselamatan.

Sumber: