Hasil Survei Konsumen Oktober 2023, BI Sumsel Sebut Keyakinan Masyarakat Kondisi Ekonomi Optimis

Hasil Survei Konsumen Oktober 2023, BI Sumsel Sebut Keyakinan Masyarakat Kondisi Ekonomi Optimis

Keyakinan masyarakat Sumsel terhadap kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan masih tetap kuat berdasarkan hasil survei konsumen. Aktivitas pembeli dan pedagang komoditas sayur di sebuah bazar di Kecamatan Kemuning, Kota Palembang.-Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Keyakinan masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) terhadap kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan masih tetap kuat.

Berdasarkan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada bulan Oktober 2023 masih tercatat optimis.

Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia menunjukkan dari angka indeks yang lebih besar dari 100. 

“Survei Konsumen Bank Indonesia dari aspek kegiatan usaha, peningkatan penghasilan, maupun ketersediaan lapangan kerja,”kata Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumtera Selatan (BI Sumsel), M Latif, Jumat 10 November 2023.

BACA JUGA:Waspada Tekanan Inflasi Akhir Tahun, Komoditas Ini Jadi Perhatian Khusus TPID

Jika dibandingkan dengan kondisi pada bulan sebelumnya, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE), Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), dan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat mengalami penurunan.

Masing-masing menjadi indeks harga konsumen Bank Indonesia, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 134,89.

Lalu Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 147,56 dan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat 141,22. 

“Meskipun demikian, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi masih tercatat optimis ditunjukkan dari angka indeks yang lebih besar dari 100,”jelas M Latif. 

BACA JUGA:Kemarau, Harga BBM, Tarif PDAM Penyumbang Inflasi Sumsel di Oktober Sebesar 2,9 Persen YoY

Terjaganya optimisme masyarakat pada Oktober 2023 mengindikasikan keyakinan masyarakat bahwa kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan akan tetap kuat.

“Optimisme masyarakat terhadap kondisi perekonomian 6 bulan kedepan di Sumsel baik dari aspek kegiatan usaha, peningkatan penghasilan, maupun ketersediaan lapangan kerja,”jelas M Latif.

Optimisme konsumen terhadap perekonomian dalam 6 bulan kedepan tetap muncul di tengah kondisi inflasi di Provinsi Sumatera Selatan.

Berdasarkan rilis inflasi Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada bulan Oktober 2023 mengalami inflasi sebesar 0,50 persen (mtm), setelah pada bulan sebelumnya mengalami inflasi sebesar 0,37 persen (mtm).  

Sumber: