Universitas Bina Darma dan Universiti Kebangsaan Malaysia Lakukan Penandatanganan MoU

Universitas Bina Darma dan Universiti Kebangsaan Malaysia Lakukan Penandatanganan MoU

Universitas Bina Darma (UBD) melakukan penandatangan MoU dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yang dilangsungkan dalam kegiatan 8th International Visual Informatics Conference 2023 (IVIC 23) yang berlangsung pada 15 hingga 17 November 2023.-dok ubd-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Universitas Bina Darma (UBD) melakukan penandatangan MoU dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yang dilangsungkan dalam kegiatan 8th International Visual Informatics Conference 2023 (IVIC 23) yang berlangsung pada 15 hingga 17 November 2023.

Penandatanganan MoU ini, yang dilaksanakan pada 15 November 2023, menandai kolaborasi antara kedua universitas serta beberapa institusi pendidikan lainnya dalam dan luar negeri. 

IVIC 23 diselenggarakan oleh Institute of Visual Informatics (IVI) Universiti Kebangsaan Malaysia dan Malaysian Information Technology Society (MITS), menjadi ajang strategis untuk memperkuat hubungan akademis.

Tujuan utama konferensi ini adalah mempertemukan para ahli, peneliti, akademisi, praktisi industri, dan pembuat kebijakan global dalam bidang informatika visual.

BACA JUGA:Tim Futsal UBD Gondol Juara 3 Turnamen Dekan Cup Unsri 7.0 2023

Tema yang diusung "Leveraging on Innovations and Sustainability (Memanfaatkan Inovasi dan Keberlanjutan)" menekankan pentingnya teknologi dan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan global sambil mendorong solusi berkelanjutan.

Penandatanganan MoU, dihadiri langsung oleh Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama UBD, mewakili Rektor, Prof. Dato' Ts. Dr. Norazah Mohd Nordin, Wakil Rektor Bidang Industri dan Jaringan Masyarakat, mewakili Wakil Rektor Prof. Dato' Pak. Ts. Dr. Mohd Ekhwan Hj. Toriman.Profesor Emeritus Dato' Dr. Halimah Badioze Zaman, Ketua IVIC'23. dan Prof. Rekan Dr. Rabiah Abdul Kadir, Direktur IVI dan Wakil Ketua IVIC'23.

Seremoni tersebut dilaksanakan di Auditorium Multimedia Fusion Technology, Akademia Siber Teknopolis, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, Selangor, Malaysia.

"Harapan saya dengan adanya MoU antara Universitas Bina Darma dan UKM tidak hanya sebagai jalinan kerjasama antara universitas, tetapi juga antar negara. Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat dan mempromosikan baik di bidang akademik riset, budaya, pertukaran pelatihan, dan kegiatan lainnya. Kerjasama hubungan multilateral ini juga merupakan upaya Universitas Bina Darma untuk menuju world-class university," ujar  Dr. Yanti Pasmawati, S.T., M.T.

BACA JUGA:Dosen UBD Raih Penghargaan Best Track Paper Award

Isi kerjasama ini mencakup kegiatan penelitian, publikasi, program pengajaran bersama, seminar, konferensi, pertukaran informasi, pertukaran mahasiswa dan/atau anggota fakultas, pengawasan siswa bersama, program gelar ganda, dan berbagai bidang kerjasama lainnya.

Universitas Bina Darma sebelumnya telah menandatangani Letter of Intent (LOI) dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) melalui Institute IR4.0. 

Kerjasama ini bukanlah hal baru, dan implementasi MoU ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam mengangkat kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi.

Kerjasama ini bukan hanya tentang peningkatan kualitas akademik, tetapi juga memperkaya pengalaman mahasiswa dan staf, membangun jaringan global, dan merangsang inovasi lintas batas. Dengan demikian, kerjasama ini mencerminkan komitmen untuk memajukan pendidikan tinggi dan menyongsong masa depan pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. (*)

Sumber: