Masih Jadi Perdebatan, Mengkonsumsi Telur Baik Atau Buruk Untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini

Masih Jadi Perdebatan, Mengkonsumsi Telur Baik Atau Buruk Untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini

Sampai saat ini masih banyak diperdebatkan tentang konsumsi telur yang berlebih setiap harinya, apakah dapat menyehatkan atau justru berdampak buruk--

3000 kolesterol yang dihasilkan oleh tubuh setara dengan 13-14 butir telur per hari. Jadi tidak masalah untuk mengkonsumsi 2-3 telur dalam satu harinya.

Karena tubuh akan mengruangi produksi kolesterol apabila kita mengkonsumsi kelosterol lebih banyak. Dan juga tubuh manusia membutuhkan kolesterol yang memiliki manfaat untuk tubuh.

Selain itu hal yang paling ditakutkan ketika mengkonsumsi telur adalah lemak jenuhnya. Lemak sendiri merupakan makronutrisi atau nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Lemak memiliki fungsi yang vital untuk tubuh manusia. 

BACA JUGA:Buat yang Mudah Berjerawat, Sebaiknya Hindari 7 Makanan Berikut, Solusi Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Telur dapat dikatakan berbahaya karena beberapa hal, yang pertama karena jenis telurnya. Telur yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat indonesia adalah telur konvensional atau telur ayam biasa. 

Pilihlah telur yang baik seperti telur pasture-raised atau telur organik. Karena telur ayam konevensional banyak sekali menggunakan hormon untuk ayamnya dan juga cara ternak yang kurang sehat.

Akan berbahaya apabila proses pengolahan telur dengan cara yang kurang tepat. Lebih baik apabila proses pengolahan telur tidak dengan cara yang berlebihan seperti merebus terlalu lama, menggoreng dengan minyak yang banyak, dan lain sebagainya.

Menggunakan bahan lain yang dicampur atau digunakan saat mengolah telur juga menyebabkan telur dapat berbahaya jika dikonsumsi.

BACA JUGA:Tips Hidup Sehat Sejak Dini, Investasi Kesehatan Melalui Ragam Kebiasaan

Yang terakhir tentunya jumlah konsumsi yang terlalu banyak juga menjadi penyebab telur ini dapat berbahaya. Sesuatu yang berlebihan juga akan kurang baik.

Tetapi tentunya jumlah setiap orang pasti berbeda, tergantung dengan kebutuhan masing-masing dari orang tersebut. Tak hanya itu kondisi kesehatan juga menjadi hal paling utama yang membuat jumlah setiap orang mengkonsumsi telur berbeda-beda.

Cara mengkonsumsi telur agar tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh :

1. Pilihlah telur yang berkualitas, pilih yang organik

2. Proses telur dengan bijak seperti di kukus

3. Perhatikan makanan lain saat mengkonsumsi telur, konsumsi telur dengan sayur.

Sumber: