Wow, Jadi Kabupaten Paling Inovatif, OKU Timur Juara Umum FTBI 2023

Wow, Jadi Kabupaten Paling Inovatif, OKU Timur Juara Umum FTBI 2023

Perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2023 tingkat Provinsi Sumatera Selatan, mencatatkan Kabupaten OKU Timur sebagai Juara Umum. -edward/radarpalembang.com-

MARTAPURA, RADARPALEMBANG.COM - Perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2023 tingkat Provinsi Sumatera Selatan, mencatatkan Kabupaten OKU Timur sebagai Juara Umum. 

Selain itu, pelaksanaan FTBI 2023 yang dipusatkan di Alun Alun Sebiduk Sehaluan Kecamatan Belitang, OKU Timur, menempatkan tuan rumah sebagai pelaksana paling meriah.

Juga peserta terbanyak  mencapai 8.300 orang turut berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung sejak 7-9 November 2023 itu.

Adapun jenis lomba dalam FTBI 2023, yaitu mendongeng, pidato, menulis puisi, menulis cerita pendek, dan komedi tunggal (stand up comedy).

BACA JUGA:Jaring Bibit Atlet Profesional, Kemenpora Gelar Turnamen Voli di OKU Timur

 

Ada empat pemenang untuk masing-masing lomba, jenjang, dan kategori putra-putri yang diumumkan tadi malam Rabu 8 November 2023.  Dari 10 cabang lomba, OKU Timur menjadi juara pada 6 bidang lomba yang ada.

Kepala Balai Bahasa Sumsel Karyono menyampaikan, FTBI merupakan rangkaian dari pelaksanaan program Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah (RBD) sebagai wujud implementasi program Merdeka Belajar Episode ke-17.

"FTBI 2023 diikuti 225 peserta jenjang SD dan SMP dari enam kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Para peserta adalah tunas bahasa terbaik di daerahnya masing-masing dan telah melalui proses seleksi yang panjang dari tingkat sekolah sampai kabupaten/kota," ujarnya. 

Di lain sisi, kemeriahan terlihat selama kegiatan FTBI berlangsung. Para kontingen tampak menyuarakan yel-yel sebagai bentuk dukungan pada para peserta yang mereka tunjukkan saat malam keakraban dan malam penganugerahan FTBI Sumsel 2023 dengan seragam yang menampilkan ciri khas masing-masing kota/kabupaten. 

BACA JUGA:Viral Pantai Dermaga Rasuan, Saat Weekend Sehari 2.000 Pengunjung, Bikin Happy Pedagang

 

Sementara  Imam Budi Utomo, Kepala Pusat Bahasa Kemendikbudristek menambahkan, FTBI merupakan bentuk apresiasi, dari proses yang telah dilaksanakan selama satu tahun ini dalam agenda besar Revitalisasi Bahasa Daerah, (RBD). 

FTBI di Kabupaten OKU Timur merupakan FTBI terinovatif dalam pelaksanaannya, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan tersebut terlihat jelas, dari penggunaan homestay, stand UMKM serta ramainya pengunjung dalam pelaksanaan FTBI ini.

Sumber: